Puasa dan Minuman Herbal, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di Malaysia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 05 Apr 2021 05:00 WIB
Puasa dan Minuman Herbal, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di Malaysia Foto: Juice/BH/Star
Jakarta -

Rahasia panjang umur setiap orang berbeda-beda. Seperti wanita tertua di Malaysia yang rajin puasa dan meminum racikan herbal tradisional.

Resmi menjadi wanita dan orang tertua di Malaysia. Annamah Abukutty, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 110 tahun.

Baca Juga: Rahasia Panjang Umur Nenek 100 Tahun, Banyak Makan Roti Panggang

Dilansir dari Juice (02/04), Annamah masuk ke dalam catatan Malaysia Book of Records (MBOR), sebagai wanita paling tua yang hidup di Malaysia. Pihak MBOR menyebutkan bahwa tahun lalu Annamah mendapatkan gelar yang sama di Kuala Lumpur.

Puasa dan Minuman Herbal, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di MalaysiaPuasa dan Minuman Herbal, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di Malaysia Foto: Juice/BH/Star

"Saya diberitahu bahwa Annamah ini merupakan orang paling tua yang hidup di Malaysia sekarang," ungkap Christopher Wong, perwakilan dari MBOR.

Annamah sendiri sebenarnya berasal dari Thacambadi, India. Sebelum Perang Dunia II dimulai, Annamah pindah ke Malaysia dan tinggal di sana sampai sekarang.

Menurut sang putra, M Subramanian yang sudah berusia 73 tahun meski sang ibu sudah sangat tua, tapi penduduk sekitar selalu meminta wejangan atau racikan herbal kepadanya.

"Banyak warga sekitar yang meminta obat, sampai saran kesehatan ke ibu saya. Mereka ingin tahu rahasia panjang umur dari ibu saya," ungkap Subramanian.

Puasa dan Minuman Herbal, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di MalaysiaPuasa dan Minuman Herbal, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di Malaysia Foto: Juice/BH/Star

Selain jago meracik minuman herbal tradisional yang penuh khasiat. Annamah juga mahir membuat tato dan pijat refleksi.

Ketika ditanya apa rahasianya panjang umur. Annamah menyebutkan bahwa dia sejak masih muda selalu rajin puasa. Puasa ini berguna untuk mendetoks, atau mengeluarkan racun-racun dari makanan di tubuhnya.

"Dulu ibu saya selalu puasa setiap hari Senin untuk mengeluarkan racun. Tapi sejak usianya 95 tahun ia berhenti. Selain itu ia juga konsisten meminum racikan herbal dan bermeditasi setiap harinya," lanjut sang putra.

Karena kebiasaannya puasa dan minum racikan herbal di usianya yang mencapai seratus tahun lebih Annamah tetap sehat. Meski dia sudah dibantu kursi roda untuk berjalan dan mata sebelah kirinya sudah tidak bisa melihat.

Kini Annamah tinggal di wilayah Perak bersama cucu dan cicitnya. Totalnya ia memiliki 4 anak, 17 cucu, dan 7 cicit yang mengisi hari-harinya.

Puasa dan Minuman Herbal, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di MalaysiaPuasa dan Minuman Herbal, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di Malaysia Foto: Juice/BH/Star

Tak hanya Annamah yang punya rahasia panjang umur. Ada juga Kane Tanaka, wanita sekaligus orang tertua di dunia yang kini sudah berusia 117 tahun.

Wanita asal Jepang ini mengaku bahwa dia tidak memiliki pola makan khusus agar panjang umur dan bisa hidup seratus tahun lebih.

Tanaka mengatakan bahwa hobinya adalah menyantap makanan yang enak, apalagi dulu Tanaka pernah menjalankan usaha di bidang kuliner. Ia mahir membuat kerupuk beras, udon, zenzai, hingga hidangan penutup khas Jepang.

Baca Juga: Makan Enak Jadi Rahasia Panjang Umur Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia



Simak Video "Menu Ayam dan Sambal yang Bikin Nagih di Resto d'SDL"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com