8 Mitos Telur Paling Populer, Kamu Masih Percaya?

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 03 Apr 2021 08:00 WIB
8 Mitos Telur Paling Populer, Kamu Masih Percaya? Foto: iStock
Jakarta -

Mitos tentang telur sangat banyak dan masih populer hingga sekarang. Seperti 8 mitos telur ini, sebaiknya jangan percaya sebelum cek faktanya.

Telur merupakan bahan makanan yang berasal dari ayam dan menjadi sumber asupan protein yang baik. Telur juga menjadi makanan padat nutrisi yang murah dan terjangkau bagi berbagai lapisan masyarakat.

Sayangnya beberapa fakta tentang telur yang tersebar di masyarakat merupakan fakta yang keliru. Banyak sekali salah pengertian baik tentang konsumsi, keamanan hingga nilai nutrisi sebuah telur.

Para ahli gizi bahkan sudah jelas-jelas mengatakan hal tersebut adalah kepercayaan yang keliru. Tetapi sekali suatu pemahaman yang diyakini oleh masyarakat akan sangat sulit untuk menghapuskan.

Berikut ini 8 mitos populer tentang telur yang keliru namun banyak dipercaya menurut MSN Lifestyle (1/4) :

8 Mitos Telur Paling Populer, Kamu Masih Percaya?8 Mitos Telur Paling Populer, Kamu Masih Percaya? Foto: iStock

1. Telur Mentah Lebih Tinggi Protein

Pada banyak film fiksi konsumsi telur mentah selalu dikaitkan dengan aktor yang menjadi kuat dan kekar. Nyatanya, mengonsumsi telur mentah sangat berisiko dan menjadi cara yang salah untuk mendapatkan protein dari telur.

Konsumsi telur mentah akan meningkatkan risiko infeksi akibat adanya bakteri salmonella yang masuk ke tubuh melalui telur mentah. Kemudian, telur mentah juga tidak lebih banyak kandungan proteinnya dan tubuh akan lebih mudah meyerap protein dari telur matang daripada telur mentah.

2. Telur Harus Disimpan Dalam Kulkas

Mitos sebenarnya bergantung pada daerah dan cara menangani telur. Di beberapa negara, telur ditangani dengan cara dicuci bersih. Sedangkan di beberapa negara lainnya telur dianggap tidak perlu dicuci.

Telur yang sudah dicuci memang butuh untuk selalu disimpan di dalam kulkas karena beberapa enzim dan kutikula pada kulit telur sudah hilang sehingga bakteri akan mudah masuk. Sedangkan telur yang belum dicuci justru akan lebih tahan lama bahkan jika tidak disimpan di dalam kulkas sekalipun.

Baca juga: Bikin Salah Kaprah, 13 Mitos Tentang Telur Ini Masih Banyak Dipercaya Orang

3. Telur Warna Cokelat Lebih Bernutrisi

8 Mitos Telur Paling Populer, Kamu Masih Percaya?8 Mitos Telur Paling Populer, Kamu Masih Percaya? Foto: iStock

Ini merupakan mitos yang benar-benar keliru. Banyak konsumen telur yang akan memilih telur dengan cangkang yang berwarna cokelat lebih gelap dan enggan memilih telur yang berwarna lebih muda.

Banyak yang mempercayai bahawa telur dengan cangkang yang lebih cokelat memiliki nutrisi yang lebih banyak dan rasa yang lebih lezat. Faktanya, warna cangkang telur sama sekali tidak mempengaruhi nutrisi dan rasa telur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Petis Bumbon Khas Semarang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com