Mengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas Jepang

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 02 Apr 2021 11:30 WIB
Mengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas Jepang Foto: iStock
Jakarta -

Pernah lihat jajanan berbentuk ikan khas Jepang kini banyak dijual di Jakarta. Kue manis bentuk ikan ini ternyata punya fakta unik.

Jepang merupakan negara dengan sejuta kuliner lezat. Terutama street food atau jajanan yang bisa ditemukan di pinggir jalan.

Bahkan jajanan street food di Jepang memiliki daya tariknya sendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Beragam varian jajanan pasti akan mudah ditemukan jika kamu sedang berjalan-jalan di Jepang.

Salah satu makanan yang terkenalnya adalah taiyaki. Taiyaki merupakan camilan yang biasanya disajikan hangat dengan cita rasa manis.

Mengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas JepangMengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas Jepang Foto: iStock

Mengutip dari Mashed (29/1), taiyaki adalah kue berbentuk ikan yang disajikan dalam kondisi panas dengan isian pasta kacang azuki. Pasta kacang azuki menggunakan bahan dasar kacang merah yang dihaluskan hingga menjadi pasta.

Dalam pembuatannya, taiyaki hanya memerlukan tepung terigu, baking powder dan gula untuk membuat lapisan kue bagian luar yang berbentuk ikan. Sebenarnya, isian taiyaki sendiri bisa disesuaikan dengan selera.

Baca Juga: Unik! Taiyaki Xia Long Bao Ini Berisi Kaldu Gurih Hangat

Bahkan di negara asalnya, banyak taiyaki yang sudah dimodifikasi mengikuti keinginan pasar. Misalnya dengan isian es krim dan disajikan dalam keadaan dingin.

Taiyaki memiliki tampilan menyerupai ikan yang membuatnya unik dan menarik perhatian. Menurut Atlas Obscura, taiyaki secara harfiah berarti "bream laut panggang."

Bream merupakan jenis ikan yang dulunya merupakan hidangan mahal yang disajikan hanya pada acara-cara khusus selama 1800 hingga 1900. Namun tidak ada bukti pasti yang benar-benar menunjukan kapan taiyaki disajikan dengan bentuk ikan.

Pada awal kemunculannya, taiyaki dibuat dengan menggunakan cetakan melingkar. Hingga terjadi perkembangan dan perubahan yang membuatnya meniru ikan yang sesungguhnya.

Namun bentuk ikan taiyaki saat ini juga mulai berkembang dan banyak mengalami inovasi. Bahkan salah satu penjual taiyaki di Jepang menyajikan taiyaki dalam bentuk Pokemon.

Mengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas JepangMengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas Jepang Foto: Instagram@taiyaki.patisserie

Di Jakarta sendiri kamu juga bisa menikmati hangat dan manisnya taiyaki. Ada beberapa tempat yang bisa kamu datangi untuk menikmati taiyaki.

1. Taiyaki Patisserie

Taiyaki Patisserie terdapat pada 2 lokasi, yaitu Central Park dan Puri Indah Mall. Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati rasa originalnya. Tetapi juga beragam rasa dari yang manis hingga yang gurih.

2. Taiyaki Kun

Mengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas JepangMengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas Jepang Foto: Instagram@taiyakikun

Toko taiyaki yang satu ini terletak di Jl. KH Syahdan, Kemanggisan, Jakarta Barat. Di sini taiyaki dihadirkan dalam bentuk yang berbeda yaitu dengan isian berupa krim. Bahkan taiyaki di sini juga bisa diisi dengan 2 macam rasa isian.

3. Fukuro

Mengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas JepangMengenal Taiyaki, Jajanan Manis Berbentuk Ikan Khas Jepang Foto: Instagram@fukurodining

Fukuro merupakan restoran autentik Jepang yang menghadirkan taiyaki sebagai hidangan penutup. Berlokasi di Fairgrounds, SCBD dan Kuningan City, Fukuro menyajikan pilihan taiyaki azuki dan coklat yang bisa dipilih dan disajikan dengan es krim green tea yang segar.

Baca Juga: Pria Ini Kesal Gara-gara Lihat Seorang Nenek Makan Taiyaki Pakai Mentega



Simak Video "Sensasi Santap Udon di Kedai Futago ala Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com