Unik! Taiyaki Xia Long Bao Ini Berisi Kaldu Gurih Hangat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 28 Jan 2021 14:30 WIB
Unik! Taiyaki Xia Long Bao Ini Berisi Kaldu Gurih Hangat Foto: Twitter @SEGA_taiyaki
Jakarta -

Taiyaki dan xia long bao adalah dua makanan berbeda, tapi di Jepang ada taiyaki unik. Isiannya xia long bao dengan kuah kaldu yang gurih.

Taiyaki merupakan kue manis bentuk ikan yang populer sebagai jajanan kaki lima di Jepang. Taiyaki dibuat dari adonan mirip pancake.

Adonan taiyaki kemudian dipanggang dan diberi isian seperti pasta kacang merah, cokelat, keju, vla, atau isian lainnya.

Baca Juga: Pria Ini Kesal Gara-gara Lihat Seorang Nenek Makan Taiyaki Pakai Mentega

Namun baru-baru ini gerai taiyaki di Jepang, SEGA Taiyaki, membuat menu unik. Taiyaki yang mereka buat diberi isian xia long bao.

Unik! Taiyaki Xia Long Bao Ini Berisi Kaldu Gurih HangatUnik! Taiyaki Xia Long Bao Ini Berisi Kaldu Gurih Hangat Foto: Twitter @SEGA_taiyaki

Penggemar dim sum tentu sudah tak asing dengan varian dim sum kukus ini. Bentuknya seperti pangsit dengan isian kuah kaldu gurih.

Untuk menyantapnya, xia long bao ditaruh di sendok bebek. Kemudian kulitnya perlu dirobek sedikit untuk mengeluarkan kaldunya, baru kemudian disantap hangat-hangat.

Di SEGA Taiyaki, xiao long bao diberi isian sup kaldu jahe yang gurih hangat. "Rasanya enak dan menyehatkan," kata pihak SEGA Taiyaki di Twitter (19/1).

Paduan taiyaki dan xiao long bao yang sejatinya dua makanan berbeda ini begitu mencuri perhatian, terlebih untuk netizen Taiwan yang memang biasa menyantap xiao long bao.

Di media sosial, netizen Taiwan banyak yang menyampaikan pendapatnya. Mereka menilai kombinasi dua hidangan ini aneh.

"Bisakah saya meminta orang Jepang untuk tidak melakukan ini?" ujar seorang netizen. Unggahan protesnya ini juga dibanjiri komentar netizen Taiwan lainnya.

Unik! Taiyaki Xia Long Bao Ini Berisi Kaldu Gurih HangatUnik! Taiyaki Xia Long Bao Ini Berisi Kaldu Gurih Hangat Foto: Twitter @SEGA_taiyaki

"Kenapa mereka tidak memakai isian daging saja?," sahut netizen. "Hentikan! Saya kehilangan selera makan," ujar netizen lainnya.

Di sisi lain, netizen juga mengomentari kalau orang Taiwan juga sering bereksperimen membuat hidangan yang terdengar aneh untuk orang di luar negara mereka.

Sebut saja pizza ramen dan sushi dengan tambahan alpukat yang sempat viral di Taiwan. Kombinasi makanan ini dinilai aneh oleh banyak orang asing.

Mengenai taiyaki xiao long bao, SEGA Taiyaki sudah menjualnya di cabang Ikebukuro. Penjualannya juga menyusul di gerai Akihabara.

Untuk harga, taiyaki unik ini dibanderol 250 yen (Rp 34 ribu) per buah. Kamu tertarik coba?

Baca Juga: Restoran Ini Sajikan Xiao Long Bao Raksasa dengan Isian Ramen Kuah

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com