Miris! Kisah Kakek 76 Tahun Kena Tipu saat Jualan Tempe

Riska Fitria - detikFood Kamis, 01 Apr 2021 14:00 WIB
Miris! Kisah Kakek 76 Tahun Kena Tipu saat Jualan Tempe Foto: Instagram @manaberita
Jakarta -

Miris sekali, seorang kakek penjual tempe ditipu oleh seorang pria. Pria itu membawa 15 tempe dan menjanjikan akan membantu menjualnya, tetapi pria itu tak kunjung kembali.

Kisah menyedihkan datang dari seorang kakek di Palembang. Kakek tersebut bernama Tomir yang sudah berusia 76 tahun. Setiap hari, ia mencari nafkah dengan berjualan tempe menggunakan sepeda ontelnya.

Walaupun usianya sudah tua, tetapi kakek yang akrab disapa Mbah Tomir itu selalu giat berjualan tempe. Namun suatu hari, ia mengalami kejadian yang tak mengenakkan. Ia ditipu yang menyebabkan tempe jualan raib.

Baca Juga : Salut! Kakek 83 Tahun Ini Masih Jualan Kangkung Demi Keluarga

Miris! Kisah Kakek 76 Tahun Kena Tipu saat Jualan TempeMiris! Kisah Kakek 76 Tahun Kena Tipu saat Jualan Tempe Foto: Instagram @manaberita

Kisah Mbah Tomir menjadi viral setelah diceritakan lewat akun Instagram @manaberita (30/03). Kepada detikcom (31/03) Aan, selaku tim dari Manaberita menceritakan kejadian ini terjadi di kawasan Sekoja, Palembang.

"Kami langsung datang ke rumahnya di Jalan Iswahyudi, dekat dari Masjid Al Huda. Kondisi rumahnya memang kecil. Untuk MCK dia numpang di Masjid Al Huda," ujar Aan.

Lebih lanjut, Aan juga mengatakan kalau Mbah Tomir tinggal seorang diri. Kejadian penipuan yang dialami oleh Mbah Tomir berawal dari seorang pria yang datang menghampiri Mbah Tomir saat sedang jualan tempe.

Miris! Kisah Kakek 76 Tahun Kena Tipu saat Jualan TempeMiris! Kisah Kakek 76 Tahun Kena Tipu saat Jualan Tempe Foto: Instagram @manaberita

Kemudian pria tersebut mengambil 15 buah tempe dan menjanjikan bahwa ia akan membantu Mbah Tomir berjualan. Pria itu mengatakan kepada Mbah Tomir akan menjual tempe seharga Rp 6.000 per potongnya.

Namun, pria itu tak kunjung kembali padahal kejadian itu sudah berhari-hari. Seharusnya uang yang akan diterima oleh Mbah Tomir senilai Rp 90.000. Kisahnya pun banyak ditanggapi oleh netizen.

Banyak netizen yang menyarankan untuk membuka donasi untuk membantu Mbah Tomir. Namun, Mbah Tomir menolak dengan halus. Mbah Tomir juga telah mengikhlaskan kejadian naas yang menimpanya.

"Kita mau open donasi, ada yang nyaranin dikasih umroh, dipulangkan ke Jawa tapi ditolak sama Mbah Tomir. Kita juga berencana mau membantu rumah yang ada WCnya sekaligus, tapi beliau menolak halus," ujar Aan.

Miris! Kisah Kakek 76 Tahun Kena Tipu saat Jualan TempeMiris! Kisah Kakek 76 Tahun Kena Tipu saat Jualan Tempe Foto: Instagram @manaberita

Kisah Mbah Tomir itu membuat netizen terharu. Lewat kolom komentar tak sedikit netizen yang menyampaikan rasa salut kepada Mbah Tomir yang punya semangat hidup, kesabaran dan keikhlasan yang tinggi.

"Ya Allah salut, meski susah tapi beliau gak mau nyusahin orang. Sehatkan beliau ya Allah, bahagiakan masa tuanya dan balaslah kebaikan orang-orang baik padanya. Yang menipu jahat banget," tulis netizen.

"SubhanAllah iri sama mbah yang tidak terlalu memikirkan dunia dan tidak mau merepotkan orang lain," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : Gigih! Kakek 90 Tahun Ini Masih Jualan Toge Goreng Tiap Hari



Simak Video "Selain Kedelai, Tempe Juga Bisa Dibuat dari Beragam Biji-bijian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com