Diberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini Obesitas

Sonia Basoni - detikFood Senin, 29 Mar 2021 17:30 WIB
Diberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini Obesitas Foto: ViralPress
Jakarta -

Sering dapat banyak makanan enak ketika nongkrong di pasar. Monyet asal Thailand ini viral setelah mengalami obesitas dan diberi program diet.

Setelah sebelumnya sempat viral monyet gemuk bernama Uncle Fatty, yang mengalami obesitas dan mati di tahun 2019 lalu. Kini muncul monyet serupa bernama 'Godzilla', yang sehari-harinya tinggal di dalam pasar Min Buri, Bangkok, Thailand.

Baca Juga: Monyet Seberat 27 Kg Ini Alami Obesitas karena Diberi Makan Junk Food

Dilansir dari The Sun UK (29/03), monyet bertubuh gemuk ini sehari-harinya menemani sang pemilik ke pasar untuk berjualan bakso.

Diberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini ObesitasDiberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini Obesitas Foto: ViralPress

Banyak orang yang gemas melihat keimutan Godzilla, sehingga mereka mulai memberi berbagai macam makanan enak untuknya.

"Kami mendapatkan laporan dari warga setempat, tentang kondisi kesehatan dari monyet ini. Lewat investigasi kami menemukan bahwa sang pemilik memperlakukan Godzilla seperti anggota keluarganya sendiri. Sang pemilik dan keluarganya selalu memberikan aneka makanan enak untuk Godzilla, sampai akhirnya ia mengalami obesitas," ungkap Navee Changpirom. Perwakilan dari Taman Nasional Thailand.

Bahkan karena terlalu sering diajak ke pasar oleh sang pemilik. Godzilla ini jadi pusat hiburan bagi pengunjung hingga penjual di pasar. Sebagai hadiahnya lagi-lagi mereka akan memberikan makanan ke Godzilla.

Diberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini ObesitasDiberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini Obesitas Foto: ViralPress

Sang pemilik bernama Manop Emsan mengaku bahwa ia mengadopsi Godzilla secara tidak sengaja. Kedua orangtua Godzilla tewas ditabrak mobil saat ia masih kecil. Godzilla juga sempat terlantar dan akhirnya Manop memutuskan untuk merawatnya sendiri.

Hobi ngemil dan makan Godzilla semakin tak terhentikan ketika Manop mulai memberikannya bakso, buah, kacang, permen hingga sirup sebagai camilannya di pasar. Berat badannya bahkan mencapai 20kg, yaitu dua kali lebih besar dari berat monyet rata-rata.

Di Thailand sendiri, memiliki monyet sebagai hewan peliharaan merupakan tindakan yang ilegal.

Diberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini ObesitasDiberi Banyak Makanan Enak di Pasar, Monyet Thailand Ini Obesitas Foto: ViralPress

Kini Godzilla dibawa oleh pihak Taman Nasional Thailand untuk diberi perawatan khusus. Sekaligus program diet untuk menurunkan berat badannya. Manop masih diizinkan untuk menengok Godzilla sesekali.

"Godzilla itu sudah seperti anak saya sendiri. Dia tidak akan makan jika tidak bersama kita. Apalagi dia sering sedih jika jauh dari kami. Saya takut monyet itu tidak akan bertahan di luar sana," pungkas Manop.

Baca Juga: Karena Terlalu Banyak Makan Junkfood, Monyet Ini Jalani Diet Ketat



Simak Video "Bikin Laper: Cicipi Masakan Pad Krapao yang Terkenal di Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com