Karena Terlalu Banyak Makan Junkfood, Monyet Ini Jalani Diet Ketat

Sonia Basoni - detikFood Senin, 03 Des 2018 14:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Bukan hanya manusia saja yang bisa mengalami obesitas. Salah satunya monyet asal Thailand ini yang memiliki bobot berlebih karena terlalu sering makan junkfood.

Di tahun 2016, monyet dengan jenis Macaque sempat viral di internet karena bentuk tubuhnya yang terlalu besar, dan berbeda dari bentuk tubuh monyet kebanyakan. Foto monyet Macaque ini kemudian diunggah di situs Reddit, dan mendapatkan berbagai respon dari netizen.

Baca Juga: Tutup Hidung Sampai Lap Tangan, Tingkah Kocak Monyet Saat Diberi Durian
Karena Terlalu Banyak Makan Junkfood, Monyet Ini Jalani Diet KetatFoto: Istimewa
Monyet ini terlihat memiliki lapisan perut yang besar, dan selalu sibuk makan. Dilansir Inverse (01/12), monyet ini dikenal sebagai 'Uncle Fat' atau Paman Gemuk, dan berasal dari wilayah Bangkok, Thailand. Awalnya Uncle Fat menjadi gemuk setelah memakan semua sisa junk food, seperti soda, keripik kentang, dan lain-lain yang ditinggalkan oleh para wistawan.

Video Uncle Fat tengah menyantap makanan sisa di Bangkhunthian City, akhirnya mendapatkan perhatian dari pemerintah yang membawa Uncle Fat ke penangkaran hewan di tahun 2017, untuk menjalani pola diet ketat guna menurunkan berat badannya.

Menurut laporan dari The Guardian, Uncle Fat ini memiliki berat badan sebesar 27,2 kg, di mana kisaran berat badan monyet pada umumnya hanya mencapai 9 kg saja.
Karena Terlalu Banyak Makan Junkfood, Monyet Ini Jalani Diet KetatFoto: Istimewa
"Setelah Uncle Fat memakan semua makanan yang diberikan oleh para wisatawan, dia mengalami penaikan berat badan yang menyebabkan tumbuhnya tumor jinak. Kini Uncle Fat dalam kondisi yang kritis, di mana ada risiko tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes," ujar Supakarn Kaewchot, selaku dokter hewan dari organisasi Monkey Lovers.

Umumnya primata jenis Macaque di Thailand menyantap buah-buahan, biji-bijian, hingga tumbuhan. Tapi Uncle Fat sering mendapatkan makanan seperti keripik kentang hingga minuman soda, dari para wisatawan meskipun sudah ada larangannya untuk tidak memberi makan hewan di sana.

Uncle Fat merupakan primata yang dominan di kelompoknya, sehingga banyak Macaque lain yang akhirnya mengumpulkan sisa-sia makanan untuk diberikan kepadanya.
Karena Terlalu Banyak Makan Junkfood, Monyet Ini Jalani Diet KetatFoto: Istimewa
Setelah diamankan ke penangkaran, Uncle Fat menjalani program diet ketat. Dia hanya makan 400 gram berisi buah, sayur, dan protein setiap harinya. Pola makan ini terbilang sukses, karena berat badannya secara perlahan turun.

"Bagian perutnya tidak lagi menyapu lantai. Kini Uncle Fat dalam kondisi kesehatan yang baik, dan siap untuk dikembalikan ke habitatnya. Dia sudah terbiasa menyantap makanan natural," ujar Natanon Panpetch selaku dokter hewan di penangkaran itu.

Baca Juga: Asyiknya! Makan di Restoran Ini Dilayani dan Ditemani Monyet-monyet Lucu




Karena Terlalu Banyak Makan Junkfood, Monyet Ini Jalani Diet Ketat

(sob/odi)