Monyet Seberat 27 Kg Ini Alami Obesitas karena Diberi Makan Junk Food

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 22 Mei 2017 10:35 WIB
Foto: CBS News/Daily Mail
Jakarta - Junk food bukan hanya picu obesitas pada manusia. Di Thailand, berat seekor monyet mencapai 27 kg karena diberi makanan tinggi lemak ini.

Saking gendutnya, monyet obesitas ini dijuluki "Uncle Fat" oleh warga setempat. Sosoknya makin mencuri perhatian setelah foto monyet dengan bobot ekstra ini banyak beredar di media sosial dari bulan lalu.

Dikutip dari CBS News (19/05), berat Uncle Fat mencapai 27 kg saat berat monyet lain sepertinya hanya sekitar 9 kg. Mereka memang hidup berkeliaran di jalan karena di Thailand monyet jadi bagian atraksi wisata.

Monyet Seberat 27 Kg Ini Alami Obesitas karena Diberi Makan <i>Junk Food</i>Foto: CBS News/Daily Mail

Prihatin dengan kondisi Uncle Fat, pemerintah setempat berusaha merehabilitasinya. "Tak mudah menangkapnya karena Uncle Fat adalah pemimpin kelompok. Ketika saya coba masuk, saya harus melawan seorang kawanan mereka dengan tongkat," ujar Kacha Phukem selaku petugas satwa liar.

Phukem melanjutkan monyet-monyet lain yang dipimpin Uncle Fat berkontribusi pada kondisi obesitasnya kini. "Ia punya antek-antek dan monyet lain akan membawakan makanan untuknya. Tapi ia juga akan membagikannya kembali ke monyet lebih muda," ujar Supakarn Kaewchot, dokter hewan yang menangani Uncle Fat.

Menurut Supakarn, Uncle Fat kini berada dalam kondisi kritis. Ia memiliki risiko tinggi terkena penyakit dan diabetes.

Monyet Seberat 27 Kg Ini Alami Obesitas karena Diberi Makan <i>Junk Food</i>Foto: CBS News/Daily Mail

Kini monyet berusia antara 10-15 tahun ini sedang dalam proses penurunan berat badan. Pola makan barunya menyertakan tak lebih dari 400 gram protein serta asupan buah dan sayur 2 kali sehari.

Supakarn berharap dalam beberapa bulan ke depan, Uncle Fat bisa dikembalikan ke alam liar. Ia juga menyoroti kondisi Uncle Fat sebagai contoh mengapa orang tidak boleh memberi makanan tidak sehat pada monyet.

"Saya mengerti bahwa orang merasa kasihan dengan monyet dan ingin memberi mereka makan saat melihatnya. Tetapi tolong jangan memberinya junk food atau soda. Makanan tersebut sangat buruk untuk kesehatan mereka dan masalah ini sepenuhnya akibat ulah manusia," pungkas Supakarn.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com