Nikmatnya Sarapan Orang Korea, Menunya Super Lengkap!

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 27 Mar 2021 07:00 WIB
sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap. Foto: YouTube Kimbab Family
Jakarta -

Menu sarapan di setiap negara pastinya memiliki perbedaan, begitu juga dengan di Korea Selatan. Keluarga ini mengungkapkan menu sarapan mereka yang super lengkap.

Sarapan adalah waktu makan yang wajib dilakukan agar semangat menjalani aktivitas. Menu sarapan di setiap negara memiliki ciri khas tersendiri. Ada yang sarapannya ringan, namun banyak juga yang mengenyangkan.

Seperti di Indonesia, masyarakatnya terbiasa mengonsumsi makanan berat untuk sarapan. Sepeti nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur, atau nasi dengan lauk.

Begitu juga dengan negara Korea Selatan. Warga Korea Selatan umumnya terbiasa mengonsumsi sarapan dengan menu yang lengkap.

Sebuah keluarga dengan percampuran budaya Indonesia-Korea yang tinggal di Seoul, Korea Selatan yaitu Kimbab Family membagikan momen mereka saat sarapan. "Hari ini kami akan tunjukin keluarga online, sarapan orang Korea seperti apa," ujar Jay yang merupakan orang Korea asli, lewat videonya (21/3).

sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap.sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap. Foto: YouTube Kimbab Family

Baca Juga: Menu Sarapan Orang Jepang yang Kaya Nutrisi dan Menyehatkan

Gina yang merupakan orang Indonesia dan istri dari Jay ini telah terbiasa menyiapkan makanan Korea untuk disantap setiap harinya. Gina menyebutkan menu yang sedang ia siapkan antara lain sup tauge, telur gulung, tahu, dan oseng eomuk (fish cake Korea).

"Kita lagi siapin sup tauge, gyeran mari (telur gulung), ini ada tahu, terus bawang daun lagi dipotong. Ada oseng fish cake, bakso ikan. Yang baru dimasak segitu, nanti juga akan ditambahin yang ada di kulkas," ujar Gina menjelaskan menunya.

Saat Gina sibuk menyiapkan menu sarapan yang akan disantap, Jay menjelaskan tentang pentingnya sarapan untuk orang Korea.

sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap.sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap. Foto: YouTube Kimbab Family

"Sebetulnya untuk orang Korea sarapan penting banget. Dari dulu dari saya kecil, katanya harus makan terutama sarapan sebelum keluar rumah, nenek saya selalu bilang begitu," ujar Jay dengan bahasa Korea.

Jay juga menjelaskan kalau orang Korea zaman dulu mewajibakan sarapan dengan makan di rumah. Karena, makan dan beli sarapan di luar itu sebuah larangan, jadi harus menyantap makanan yang telah disiapkan oleh orang rumah.

sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap.sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap. Foto: YouTube Kimbab Family

Setelah makanan siap, semuanya ditata di atas meja makan. Menu yang wajib ada untuk sarapan orang Korea adalah nasi, sayur, dan banchan atau lauk pendamping.

"Ada nasi, biasanya bukan nasi putih tapi dicampur (campur biji-bijian atau ketan), lalu sayur berkuah, hari ini sup tauge. Sup tauge ini kuah yang orang Korea suka banget, setelah makan perut jadi nyaman dan cocok untuk sarapan," kata Jay.

"Biasanya banchan ada yang dewasa suka, ada juga yang anak-anak suka. Hari ini ada mechurial (telur puyuh)," sambungnya lagi.

sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap.sarapan orang korea dengan menu yang super lengkap. Foto: YouTube Kimbab Family

Banchan lainnya yang Gina siapkan saat ini ada telur gulung (omelet), bayam rebus, daun perilla, tahu mentah yang ditambahkan kecap asin, ikan teri goreng, rumput laut kering, oseng eomuk, kacang kedelai hitam, dan kimchi sawi putih.

Lauk-lauk yang disiapkan itu juga diletakkan dalam wadah kecil khas orang Korea. Untuk nasi menggunakan mangkuk kecil dan sayurnya juga pada mangkuk yang terpisah. Wah, lengkap banget ya!

Baca Juga: Penuh Nutrisi, Ini 5 Menu Sarapan Indonesia yang Tingkatkan Kekebalan Tubuh



Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com