Menu Sarapan Orang Jepang yang Kaya Nutrisi dan Menyehatkan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 15 Jan 2020 05:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Masyarakat Jepang dikenal memiliki usia panjang. Hal ini disebabkan oleh pola makan sehat. Seperti menu sarapan orang Jepang ini.

Berbeda dengan orang Barat, yang menikmati sarapan dengan menu terdiri dari roti, telur, olahan daging dan jus buah. Orang Jepang sejak dulu mengonsumsi nasi, ikan, sayuran, telur dan sup miso. Konsep gizi seimbang menjadi pedoman menu.

Dahulu orang Jepang hanya makan dua kali sehari dan tak mengenal sarapan. Makanan pertama pada jelang tengah hari setelah menyelesaikan pekerjaan di pagi hari. Makanan kedua jam 16.00 sebelum matahari tenggelam.



Pada masa Genroku pada abad 17 barulah orang Jepang mengenal makan tiga kali sehari. Ini karena perkembangan masyarakat yang semakin maju. Konsep sarapan tradisional Jepang adalah 'ichiju sanchai' yang artinya 'satu sup 3 hidangan'. Umumnya terdiri dari sup miso, ikan panggang, telur, nori, natto dan sayuran.

Berikut ini menu sarapan orang Jepang yang disajikan sebagai menu sarapan tradisional dan dinikmati setiap pagi. (odi/odi)