Lunch Box Cake Korea

4 Tips Bikin Buttercream Enak untuk Dekorasi Lunch Box Cake

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 18:00 WIB
tips membuat buttercream yang enak untuk dekorasi pada lunch box cake Korea. Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Lunch Box Cake Korea
Jakarta -

Desain lunch box cake Korea bisa menarik perhatian karena menggunakan buttercream yang dikreasikan dengan warna cantik. Berikut tips membuat buttercream!

Lunch box cake ala Korea sedang menjadi tren di Indonesia. Cake dengan desain minimalis ini digemari karena sangat unik.

Dengan dekorasi utama mengandalkan buttercream, lunch box cake Korea jadi primadona. Buttercreamnya dioles ke seluruh permukaan kue. Warnanya terkesan cantik dan biasanya menggunakan warna-warna pastel.

Ada yang diberikan desain berupa ucapan saja, namun banyak juga yang meminta desain bergambar karakter kartun. Biasanya para baker lunch box Korea ini membuatkan desain atas permintaan pelanggan.

Karena kunci utamanya terdapat pada buttercream. Tentu saja buttercreamnya harus enak.

Baca Juga: Cara Membuat Butter Cream di Rumah, Enak dan Tidak Sulit

Dilansir dari The Kitchn (21/1), berikut 4 tips membuat buttercream enak:

1. Pakai Mentega Berkualitas Tinggi

tips membuat buttercream yang enak untuk dekorasi pada lunch box cake Korea.tips membuat buttercream yang enak untuk dekorasi pada lunch box cake Korea. Foto: Getty Images/iStockphoto

Buttercream sendiri adalah krim yang terbuat dari mentega. Agar buttercream memiliki rasa yang enak, tentu saja harus menggunakan bahan-bahan yang memiliki kualitas tinggi.

Buttercream akan enak jika mentega yang kamu gunakan memiliki kandungan lemak tinggi. Kamu juga harus menggunakan mentega yang rasanya tawar untuk membuat buttercream.

2. Lunakkan Mentega

Sebelum membuatnya menjadi buttercream, mentega harus dilunakkan terlebih dahulu. Mentega harus agak lunak dan masih bisa dibentuk.

Bukan mentega yang dilelehkan kemudian mencair dan tampak berminyak. Kamu cukup mendiamkan mentega selama 30-60 menit dalam suhu kamar agar melunak. Jika ingin prosesnya lebih cepat, kamu bisa memotong-motongnya dalam ukuran kecil.

3. Pakai Gula Bubuk

Agar rasa buttercream lebih enak, biasanya ditambahkan gula. Jangan menggunakan gula pasir karena sulit beremulsi dengan mentega dan tercampur rata. Sebaiknya menggunakan gula bubuk.

Gunakan gula bubuk berkualitas bagus tanpa campuran tepung. Yang paling baik buat gula bubuk sendiri dengan grinder. Lalu, saring gula bubuk agar benar-benar halus. Gula yang kasar akan membuat buttercream terasa berpasir di mulut.

tips membuat buttercream yang enak untuk dekorasi pada lunch box cake Korea.tips membuat buttercream yang enak untuk dekorasi pada lunch box cake Korea. Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Tambahkan Vanila

Selain gula, ada baiknya tambahkan juga vanila ke dalam adonan buttercream. Agar ada sensasi aroma harum yang enak dan rasanya tak hanya manis saja.

Gunakan vanila batangan jika ada atau vanila ekstrak yang memakai vanila asli. Atau pilihlah vanila esens atau vanila bubuk yang berkualitas bagus.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Minimalist Cake ala Korea Jadi Tren



Simak Video "Pembuatan Kuliner Coklat Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Lunch Box Cake Korea

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com