Cara Membuat Butter Cream di Rumah, Enak dan Tidak Sulit

Tim detikcom - detikFood Sabtu, 08 Agu 2020 15:30 WIB
Butter cream Icing being made by mixing butter and icing sugar, part of making a cake series Foto: iStock/Cara Membuat Butter Cream di Rumah, Enak dan Tidak Sulit
Jakarta -

Butter cream adalah jenis krim yang digunakan untuk menghias kue-kue seperti kue tart, donat, dan kue-kue untuk hari raya. Rasa butter cream yakni manis dengan warna-warna, dan bentuk yang sesuai selera.

Dilansir buku 'Cara Mudah Menghias Cake' karya Budi Sutomo, butter cream memiliki kekentalan yang berbeda-beda. Untuk lapisan dasar kue atau hiasan yang kecil seperti garis dan bintang biasanya diperlukan butter cream yang lembut. Namun untuk bunga mawar, daun, dan renda diperlukan butter cream lebih kental agar hiasan dapat berdiri kokoh.

Cara membuat butter cream yang kental yakni dengan menambahkan 20 persen mentega putih dari total berat awal resep dasar butter cream. Sedangkan untuk butter cream yang lembut bisa dengan menambahkan susu kental manis atau sirup gula ke dalam resep dasar butter cream.

Butter cream yang terbuat dari mentega mudah meleleh dalam suhu ruang yang panas. Lakukan proses mendekorasi kue di dalam ruang AC lalu simpan cake dalam lemari pendingin sampai akan disajikan. Cara ini membuat butter cream tetap kokoh atau tidak meleleh dan hiasannya tidak berubah.

Berikut resep butter cream dari chef Yongki Gunawan:

1. Resep Butter Cream Coklat:

250 g margarin putih unsalted
75 g susu kental manis
50 g blue band

Kocok bahan di atas dengan hand mixer selama 20 menit.

Bahan cokelat Ganace yang kental yakni 250 g Theys Chocolate compound
250 g fresh cream (nondiary) dan masak di atas api kecil sampai cokelat mencair dan tidak mendidih. Lalu simpan di kulkas semalaman dan setelah itu kocok dengan mixer sampai mengembang.

2. Resep Butter Cream Mentega ala detikFood

Butter cream Icing being made by mixing butter and icing sugar, part of making a cake seriesButter cream Icing being made by mixing butter and icing sugar, part of making a cake series Foto: iStock

Bahan:

250 g mentega tawar
200 g mentega putih
2 kaleng susu kental manis putih
pewarna kue sesuai selera

Cara membuat butter cream:

Krim mentega: Kocok mentega dan mentega putih hingga lembut. Tambahkan susu kental manis, kocok terus hingga rata dan lembut. Bubuhi pewarna sesuai selera, aduk rata. Butter cream jadi dengan ukuran 500 gram.

3. Resep Butter Cream dengan Whip Cream

Dilansir dari buku 'Variasi hiasan butter cream: cake bingkisan hari raya & ulang tahun' karya Mirawati, berikut resep butter cream dengan whip cream:

Bahan:
500 gr whip cream
500 gr mentega putih
25 gr gula cair
20 gr rum buttercream.

Cara membuat butter cream: Kocok semua bahan hingga putih, kental, dan lembut.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)