Cascatelli, Bentuk Pasta Terbaru di Dunia ini Berawal dari Podcast!l

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 15:00 WIB
Cascatelli, Bentuk Pasta Terbaru di Dunia ini Berawal dari Podcast!l Foto: Sfoglini Pasta
Jakarta -

Pasta, makanan khas Italia yang sangat mendunia. Baru-baru ini sebuah bentuk pasta terbaru telah diciptakan. Uniknya, bentuk pasta itu berawal dari sebuah podcast.

Jika di Asia punya banyak ragam mie, Eropa punya banyak ragam pasta. Makanan yang berasal dari Italia ini cukup terkenal di seluruh penjuru dunia.

Pasta sendiri dikelompokkan berdasarkan bentuknya. Misalnya spaghetti, fetuchini, farfalle, maccaroni, penne dan banyak lainnya.

Bentuk pasta ini juga memberikan pengaruh pada cara pengolahannya. Tetapi baru-baru ini sebuah bentuk pasta baru saja diciptakan.

Baca Juga: Terinspirasi Gelang Istrinya, Pembuat Pasta Ini Bikin Pasta Bentuk Unik

Cascatelli, Bentuk Pasta Terbaru di Dunia ini Berawal dari Podcast!lCascatelli, Bentuk Pasta Terbaru di Dunia ini Berawal dari Podcast!l Foto: Sfoglini Pasta

Dilansir melalui Mashed (22/3), Cascatelli diciptakan oleh seorang penyiar podcast yang bernama Dan Pashman. Pashman bahkan telah melewati bertahun-tahun investigasi untuk menciptakan bentuk pasta yang sempurna.

Perjalanan untuk menemukan pasta ini dibagikan oleh Pashman melalui podcast. Berjudul Mission: ImPASTAble, podcast ini dibagi menjadi 5 seri dan menjelaskan perjalanannya menciptakan pasta selama 3 tahun.

Pada proses penciptaannya, Pashman mengidentifikasi 3 elemen penting yang harus ada dalam pastanya. Pertama, mudah untuk ditusuk pada garpu. Kedua, kemampuan pasta tersebut menempel saus. Serta, bagaimana teksturnya tetap bisa dinikmati saat dimakan.

Cascatelli, Bentuk Pasta Terbaru di Dunia ini Berawal dari Podcast!lCascatelli, Bentuk Pasta Terbaru di Dunia ini Berawal dari Podcast!l Foto: Sfoglini Pasta

Pashman bekerja keras untuk menggabungkan ketiga karakteristik pasta ini ke dalam satu bentuk pasta. Kemudian, Pashman terinspirasi untuk emnggabungkan mafalde atau bucatini dan radiatori.

Akhirnya ia mendapatkan sebuah bentuk pasta yang bernama Cascatelli. Secara harfiah, cascatelli dalam bahasa Italia berarti air terjun.

Pashman menciptakan pasta setengah melingkar dengan bentuk yang cukup lebar yang bertujuan agar mudah untuk menusukkan garpu. Ia juga membuat bagian bergelombang di sisi atas dan bagian datar yang lebih menjorok ke dalam di tengahnya agar saus bisa menempel dengan baik.

Cascatelli, Bentuk Pasta Terbaru di Dunia ini Berawal dari Podcast!lCascatelli, Bentuk Pasta Terbaru di Dunia ini Berawal dari Podcast!l Foto: Sfoglini Pasta

Tak hanya berhenti di sana, Pashman juga memikirkan bagaimana pastanya bisa memiliki tekstur kunyah yang tepat. Hal ini diciptakannya melalui bagian ujung pasta yang dibuat agak tebal sehingga walaupun sudah al dente, pasta masih memiliki tekstur untuk dikunyah.

Sekotak pasta ini dijual secara online melalui website sfoglini. Untuk kemasan 454 gram, pasta cascatelli ini dijual seharga 21,95 USD atau setara dengna Rp. 317 ribu.

Baca Juga: 8 Bentuk Pasta Unik, Dari Bentuk Roda Hingga Lonceng! (2)

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com