Lunch Box Cake Korea

4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea

Riska Fitria - detikFood Selasa, 23 Mar 2021 16:00 WIB
4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea Foto: iStock
FOKUS BERITA Lunch Box Cake Korea
Jakarta -

Sponge cake jadi bahan dasar pembuatan lunch box cake Korea yang sedang viral. Ternyata sponge cake sudah ada sejak abad ke-16. Ini faktanya.

Belakangan ini tengah menjadi tren lunch box cake Korea. Lunch box cake Korea merupakan sponge cake atau bolu yang dihias dengan buttercream. Desain kuenya bergaya minimalis cantik.

Sponge cake atau bolu tersebut dibentuk dengan ukuran yang lebih kecil dan dikemas dalam wadah bekal makan siang. Sponge cakenya ada yang dibuat dengan bentuk bulat dan ada juga yang berbentuk hati.

Bicara soal sponge cake, ternyata kue bertekstur lembut ini memiliki cerita panjang. Mulai dari asal usul, proses pembuatan hingga variasinya. Kue ini sering disajikan untuk acara-acara spesial.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta tentang sponge cake:

1. Sejarah Sponge Cake

4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea Foto: iStock

Sponge cake alias bolu ditemukan pertama kali oleh chef pastry Italia bernama Giovan Battista Cabona. Saat itu cher Giovan membuat sponge cake di salah satu istana Spanyol bersama tuannya, Marquis Genoa Domenico Pallavicini sekitar abad ke-16.

Sponge cake yang dibuat pertama kali itu berbahan dasar tepung, telur dan gula. Dengan tiga bahan tersebut, chef Giovan berhasil membuat sponge cake dengan tekstur yang lembut dan ringan.

Di Indonesia, jenis kue ini disebut juga kue bolu. Jenis kue ini dibuat dengan mengocok telur dan gula terlebih dahulu hingga mengembang. Setelah itu baru mencampurkan tepung dan diaduk. Baru ditambahkan mentega yang sudah dicairkan.

Nah, telur menjadi kunci dalam pembuatan sponge cake. Jumlah telur yang dipakai sangat menentukan tekstur dan tingkat kelembutan sponge cake.

Baca Juga : Sponge Cake

2. Tipe-tipe Sponge Cake

4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea Foto: iStock

Setelah resep pertama ditemukan oleh chef Italia, resep tersebut kemudian menyebar hingga ke beberapa negara. Maka tak heran sponge cake juga dibuat di beberapa negara dengan variannya masing-masing.

Seperti di Amerika misalnya yang dikenal dengan sebutan The American Sponge. Resep sponge cake di Amerika menambahkan baking powder dan garam. Sementara di Inggris lebih dikenal dengan sebutan Victoria sponge cake.

Dinamakan demikian karena saat itu Ratu Victoria dari Inggris sering menikmati sepotong sponge cake dengan teh di sore hari. Spongenya disajikan dengan selai raspberry dan krim vanila kental.

Prancis juga punya kreasi sponge cake yang sering dikenal dengan sebutan swiss roll atau bolu gulung. Kreasi sponge cake tersebut menjadi hidangan wajib saat natal, karena sarat akan makna.

3. Perbedaan dengan Chiffon Cake

4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea Foto: iStock

Sponge cake sering dianggap sama dengan chiffon cake. Padahal keduanya merupakan jenis kue yang berbeda. Perbedaan keduanya ada pada bahan-bahan yang digunakan, proses pembuatan dan teksturnya.

Pada bahan-bahan yang digunakan, sponge cake menggunakan lemak dari mentega yang dilelehkan. Penambahan mentega itu bisa membuat teksturnya lebih empuk dan ringan saat dimakan. Sementara chiffon cake menggunakan lemak berupa minyak sayur.

Pada proses pembuatan sponge cake dapat dilakukan secara langsung dengan mencampurkan bahan-bahan secara bertahap. Namun, chiffon cake diproses secara terpisah dua bagian.

Sementara teksturnya sponge cake jauh lebih padat dan kering. Berbeda dengan chiffon yang bertekstur lringan dan kenyal saat digigit. Karena chiffon cake memakai putih telur yang dikocok mengembang.

4. Ada Hari Sponge Cake Nasional

4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea4 Fakta Menarik Sponge Cake yang Dibuat Lunch Box Cake Korea Foto: iStock

Kelezatan sponge cake juga dirayakan dengan adanya Hari Sponge Cake Nasional. Hari Sponge Cake Nasional tersebut jatuh diperingati setiap tanggal 23 Agustus 2021. Awal mula adanya hari tersebut berasal dari Inggris.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Ratu Victoria suka makan sponge cake setiap sore. Sejak itu, sponge cake sering disajikan sebagai suguhan untuk tamu-tamu. Sponge cake juga dibuat dengan berbagai rasa.

Nah, Hari Sponge Cake Nasional diperingati untuk merayakan keragaman sponge cake. Biasanya orang di Inggris merayakan Hari Sponge Cake dengan cara menyantapnya bersama keluarga dan teman.

Baca Juga : Viral Saat Pandemi, Kue Bolu Beroles Buttercream Dalam Kotak Mungil



Simak Video "Unik! Lunch Box Cake Korea dengan Bahan Vegan "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Lunch Box Cake Korea

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com