Fakta Kepiting Kegani Seharga Rp 5 Juta yang Diulas Sisca Kohl

Riska Fitria - detikFood Senin, 22 Mar 2021 14:00 WIB
Fakta Kepiting Kegani Seharga Rp 5 Juta yang Diulas Sisca Kohl Foto: iStock
Jakarta -

Viral TikToker Sisca Kohl yang mengulas kepiting berbulu seharga Rp 5 juta. Kepiting tersebut adalah kepiting kegani yang berasal dari Hokkaido. Ini faktanya.

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan Sisca Kohl. Ia dikenal sebagai kreator konten yang eksis lewat konten mengulas makanan mewah bersama adiknya di TikTok @siscakohl.

Ada banyak makanan seharga fantastis yang pernah ia ulas. Mulai dari kaviar, edible gold, foie gras, truffle dan masih banyak lagi. Dan baru-baru ini ia mengulas kepiting seharga Rp 5 juta.

Baca Juga : Pecahkan Rekor! Kepiting Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 256 Juta

Fakta Kepiting Kegani Seharga Rp 5 Juta yang Diulas Sisca KohlFakta Kepiting Kegani Seharga Rp 5 Juta yang Diulas Sisca Kohl Foto: iStock

Dalam videonya, ia mengatakan kalau kepiting Rp 5 juta tersebut merupakan kepiting kegani yang berasal dari Hokkaido, Jepang. Videonya pun viral dan banyak yang penasaran dengan kepiting kegani.

"Review kepiting kegani Rp 5 juta. Ini kepiting berbulu dari Hokkaido, Jepang. Aku beli ini masih dalam keadaan hidup saat datang," ujar Sisca Kohl dalam videonya.

Kepiting kegani atau dikenal juga dengan sebutan horsehair crab (kepiting bulu kuda). Jenis kepiting ini memiliki bulu-bulu halus yang menutupi sekujur tubuhnya. Kegani adalah salah satu jenis kepiting yang populer di Hokkaido, Jepang.

Fakta Kepiting Kegani Seharga Rp 5 Juta yang Diulas Sisca KohlFakta Kepiting Kegani Seharga Rp 5 Juta yang Diulas Sisca Kohl Foto: iStock

Kepiting kegani memang banyak ditemui di Samudera Pasifik dan Laut Jepang, lapor Gurunavi (01/04/12). Jenis kepiting tersebut mudah ditemui di dasar laut yang dangkal. Kira-kira sekitar 150 meter dari permukaan air.

Kepiting kegani memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis kepiting lain yang biasa dikonsumsi di Jepang. Hal tersebut membuat banyak orang kesulitan untuk membuka cangkangnya.

Biasanya orang Jepang selalu mengolah kepiting kegani dengan cara direbus. Untuk memakannya, dimulai dengan melepaskan kaki-kaki kepiting, baru membuka cangkangnya. Daging kepiting kegani bertekstur lembut dan padat.

Soal rasa, kepiting kegani memiliki perpaduan antara rasa gurih dan manis. Ada satu bagian dari kepiting kegani yang paling disukai orang, yaitu bagian kani miso yang rasanya umami.

Fakta Kepiting Kegani Seharga Rp 5 Juta yang Diulas Sisca KohlFakta Kepiting Kegani Seharga Rp 5 Juta yang Diulas Sisca Kohl Foto: iStock

Nah, kepiting kegani memiliki harganya yang fantastis. Seperti yang disebutkan dalam video Sisca Kohl, bahwa satu ekor kepiting dibeli dengan harga Rp 2.500.000. Dilansir dari Live Japan (25/01/21), kepiting kegani memang memiliki harga tinggi.

Menurut Pengolah Kepiting di Pasar Nijo, Arumi Osanai Shoten, rata-rata harga perkilogram kepiting kegani dibanderol sekitar 10.000 yen atau setara dengan Rp 1.325.000. Namun, ada juga yang harganya lebih mahal dan lebih murah.

"Harganya sekitar 10.000 yen per kilogram, meskipun kamu mungkin saja menemukan dengan harga lebih murah sekitar 3.000 yen (Rp 397.500) untuk 400 gram," ujar Arumi Osanai Shoten.

Selain kepiting kegani, di Hokkaido juga terdapat beberapa jenis keping mewah lainnya. Ada kepiting zuwaigani atau dikenal sebagai kepiting salju. Kepiting ini dinobatkan sebagai kepiting terenak dan termahal di Jepang.

Ada juga kepiting tarabagani dengan ukuran kaki yang panjang. Ada kepiting hanasakigani yang tampilannya seperti bunga mekar. Apalagi saat dimasak, kepiting akan berwarna merah merona.

Baca Juga : Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kue Kering Tanpa Oven"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com