Pecahkan Rekor! Kepiting Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 256 Juta

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 27 Nov 2018 13:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Dinobatkan sebagai kepiting dengan harga lelang tertinggi di dunia. Kepiting asal Jepang ini menarik perhatian, dengan harga jual menyentuh ratusan juta.

Kepiting jenis snow crab berhasil tertangkap di prefektur Tottori, Japang. Meski sekilas tampilannya mirip dengan kepiting pada umumnya, tapi kepiting ini memecahkan rekor terbaru di Guinness World Records.

Baca Juga: Wouw! Daging Ham Ini Berhasil Terjual Seharga Rp 40,8 Miliar
Pecahkan Rekor! Kepiting Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 256 JutaFoto: Istimewa
Dilansir Japan Times (25/11), kepiting ini dinobatkan sebagai kepiting termahal yang pernah dijual dalam acara lelang. Sehingga tak heran, kepiting ini mendapatkan perlakuan dan perhatian yang istimewa dari pemerintah setempat.

Dalam pelelangan yang dilakukan minggu lalu, kepiting ini resmi terjual di angka ¥2 Juta Yen atau setara dengan Rp. 256.650.000,- juta.

Bobot kepiting ini sekitar 1,28 kg dengan diameter 14,6 sentimeter. Ditetapkan sebagai kepiting Itsukiboshi, atau jenis biota laut kualitas tinggi. Harganya cukup mahal, karena ditentukan berdasarkan berat, bentuk, warna, hingga daging yang dihasilkan.
Pecahkan Rekor! Kepiting Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 256 JutaFoto: Istimewa
Sang pembeli Tetsuji Hamashita, merupakan salah satu pengusaha di bidang ikan. Ia sengaja membeli kepiting ini dengan harga mahal, untuk diserahkan kepada pemerintah. Nantinya, kepiting mahal ini akan dipamerkan di beberapa pameran kota, guna menarik wisatawan ke kota Tottori.

Acara penyerahan kepiting ratusan juta ini juga dihadiri langsung oleh Shinji Hirai selaku perwakilan dari pemerintahan Tottori, ketika memperkenalkan kepiting mahal ini di Tokyo.

"Saya berharap semua orang akan terus mengingat kepiting seharga 2 juta yen ini, dan membuat orang-orang tertarik untuk mengunjungi kota kita," tuturnya.
Pecahkan Rekor! Kepiting Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 256 JutaFoto: Istimewa
Tidak hanya kepiting yang memiliki harga jual tinggi. Lobster juga termasuk. Sebelumnya seorang pemilik restoran asal Portland, menemukan lobster biru 'cotton candy' yang langka dan berharga miliaran rupiah. Namun, ia lebih memilih melepaskan lobster cantik itu kembali ke laut.

Baca Juga: Restoran Ini Pilih Lepaskan Lobster 'Cotton Candy' Langka Daripada Memasaknya


Pecahkan Rekor! Kepiting Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 256 Juta


(sob/odi)