Corn Ribs, Cara Unik dan Asyik Makan Jagung Manis

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Mar 2021 11:00 WIB
corn ribs, cara unik makan jagung bakar Foto: TikTok/@spicednice
Jakarta -

Serupa dengan jagung bakar, corn ribs tampilannya lebih praktis. Mudah dimakan dan bisa diberi aneka rasa. Mau coba sensasi bari makan jagung manis?

Jagung cukup terkenal sebagai sayur dan camilan enak. Banyak sekali hidangan makanan yang menggunakan jagung sebagai bahan campuran di dalamnya atau bahkan sebagai bahan utama.

Jagung biasa diolah dengan cara dicampurkan seperti bakwan jagung, direbus seperti pada sayur asem atau menjadi jagung bakar. Jagung biasanya diolah dengan cara dipipil terlebih dahulu, dipotong bulat atau utuh jika ingin membuat jagung bakar.

Di media sosial Tik Tok salah satu penggunanya membagikan cara baru yang unik menikmati jagung. Terlihat menyerupai iga bakar, berupa potongan memanjang, karenanya disebut 'corn ribs'.

corn ribs, cara unik makan jagung bakarcorn ribs, cara unik makan jagung bakar Foto: TikTok/@spicednice

Melalui akun Tik Tok @spicednice (3/2), seorang pengguna Tik Tok membagikan cara baru memasak jagung yang ia lakukan. Menyebutnya dengan corn ribs, olahan jagung ini terlihat sangat menggiurkan, mirip iga bakar.

Baca Juga: Cegah Anemia, Jagung Enak Diolah Jadi Salad Hingga Sup Krim

Pada video tersebut terlihat jagung yang pertama-tama sedang dibersihkan, Dikupas kulitnya dan dibuang rambut jagungnya.

Sang pemilik akun, Farrah, selanjutnya membelah jagung membujur atau memanjang menjadi 4 bagian. Tentunya dengan cara yang tak bisa.

corn ribs, cara unik makan jagung bakarcorn ribs, cara unik makan jagung bakar Foto: TikTok/@spicednice

Farrah memberikan cara untuk mebelah jagung yang mudah dan memperlihatkan caranya memotong jagung untuk membuat corn ribs.

Pada mangkuk kecil, disiapkan 4 sdm minyak zaitun, 1 sdt lemon pepper, 1/2 sdt bubuk bawang putih, 1/2 sdt bubuk cabai, 1/2 sdt merica hitam bubuk, 1/2 sdt bubuk paprika serta garam secukupnya. Campuran bumbu ini kemudian digunakan untuk olesan pada jagung yang tersusun rapi di atas loyang.

Selanjutnya jagung dipanggang baik dengan oven maupun air fryer. Panggang selama 10 menit pada suhu 200 C. Jagung menjadi kering renyah permukaannya dan bentuknya melengkung sehingga mudah dipegang untuk dimakan.

corn ribs, cara unik makan jagung bakarcorn ribs, cara unik makan jagung bakar Foto: TikTok/@spicednice

Untuk pelengkapnya disiapkan chipotle mayonnaise sebagai saus yang dioleskan di atas jagung. Caranya dengan mencampurkan 125 ml mangkuk mayonaise, 2 sdt chipotle cincang, 1/2 sdt merica, 1 buah lemon dan sedikit garam.

Setelah jagung matang, diolesi saus chipotle mayonnaise di atasnya. Pada video yang telah disukai lebih dari 1,6 juta pengguna Tik Tok, dianjurkan juga untuk menambahkan keju dan cilantro.

Mirip dengan jagung bakar tetapi ini bukan jagung bakar. Yuk, bikin!

Baca Juga: Resep Perkedel Jagung Saat Tetap di Rumah Aja



Simak Video "8 Mortir Ditemukan Terpendam di Ladang Jagung Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com