Viral Donasi Puluhan Nasi Kotak Terbuang Sia-sia, Ini Sebabnya

Tim detikfood - detikFood Jumat, 19 Mar 2021 06:30 WIB
Miris, Puluhan Nasi Kotak untuk Donasi Terbuang Begitu Saja Foto: iStock
Jakarta -

Banyak donatur pilih membagikan nasi kotak untuk orang-orang tak mampu. Namun baru-baru ini viral foto donasi puluhan nasi kotak terbuang sia-sia di tempat sampah.

Nasi kotak kerap dibagikan untuk orang-orang tak mampu dan kurang beruntung dengan harapan bisa membuat mereka kenyang. Pasalnya sering kali mereka belum mengisi perut seharian.

Namun ternyata tak selamanya donasi nasi kotak diterima dan dinikmati dengan semestinya. Baru-baru ini viral unggahan di Facebook yang memperlihatkan betapa sia-sia donasi nasi kotak yang diberikan untuk orang tak mampu.

Nasi kotak itu bukan dimakan melainkan dibuang begitu saja. Unggahan ini pertama kali dibagikan pengguna Facebook bernama Intan Kusuma Dewi. Lewat unggahannya (14/03) ia menceritakan pengalaman tak mengenakkan saat membagikan donasi nasi kotak.

Miris, Puluhan Nasi Kotak untuk Donasi Terbuang Begitu SajaMiris, Puluhan Nasi Kotak untuk Donasi Terbuang Begitu Saja Foto: Facebook Intan Kusuma Dewi

Kepada detikfood (18/03), wanita yang berprofesi sebagai guru ini sebelumnya membagikan foto hasil tangkap layar (screenshot) berupa percakapan seseorang di WhatsApp. Isinya merupakan pengingat agar donatur tak sembarangan memberi makanan pada orang tak mampu seperti pemulung.

"Dikarenakan mereka menampung makanan di karung atau gerobak mereka tanpa kita ketahui mereka sudah dapat makanan atau belum. Karena kasihan makanan seperti ini dibuang saja, dipilih ayamnya, kemudian nasi dan lauk lainnya dibuang percuma saja," kata orang tersebut.

Baca Juga: Tempat Pasien HIV/AIDS Ini Tolak Donasi Makanan Demi Lindungi Pasien

Intan kemudian membagikan ulang hasil tangkap layar tersebut karena ia memiliki pengalaman serupa. "Kalau screenshot itu sebenarnya saya dapat dari media sosial juga. Karena saya juga punya pengalaman yang sama, jadi saya upload di Facebook buat pengingat teman-teman aja," ujar Intan.

Ia pernah memberikan nasi kotak ke tukang ojek, tetapi tukang ojek itu malah menanyakan isi lauknya. Hal ini seolah menunjukkan tukang ojek tak menghargai pemberiannya.

Baca artikel di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com