Miris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen Emosi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 25 Des 2020 16:30 WIB
Miris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen Emosi Foto: Facebook OHBULAN!
Jakarta -

Donasi makanan seharusnya berupa makanan layak konsumsi, tapi sekolah ini malah dapat makanan basi. Banyak netizen pun ikut emosi ketika mengetahuinya.

Donasi makanan kepada pihak yang membutuhkan adalah tindakan mulia, apalagi jika makanan itu benar-benar tengah diperlukan. Mengenai jenisnya, donasi makanan bisa beragam.

Banyak orang memilih donasi makanan kering karena sifatnya lebih awet dan praktis. Tapi tak jarang, orang juga mendonasikan makanan dalam kondisi matang.

Harapannya makanan matang bisa langsung dikonsumsi, tapi ternyata tak selamanya makanan ini bisa diterima. Seperti yang terjadi di sebuah sekolah di Kelantan, Malaysia.

Miris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen EmosiMiris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen Emosi Foto: Facebook OHBULAN!

Dikutip dari World of Buzz (24/12), sekolah ini menerima donasi makanan basi dan busuk. Hal ini terungkap lewat unggahan Facebook OHBULAN! yang viral.

Diketahui pengelola sekolah tahfiz (madrasah) ini menerima donasi berupa makanan sisa pesta. Jumlahnya tak sedikit, bahkan sampai beberapa baskom.

Baca Juga: Borong Boba 20 Kg, Wanita Ini Ditipu Penjual Soal Tanggal Kadaluarsanya

Tujuan pemberi donasi makanan ialah untuk mencegah makanan terbuang sia-sia. Tapi nyatanya ketika makanan ini dikirim pukul 6 sore, satu jam berselang makanan ini sudah basi dan berbuih.

"Lebih parahnya lagi, semalaman pelajar tidur dengan mencium bau asam dan busuk dari makanan yang basi. Paginya, mereka harus mengatasi masalah ini dengan membuang semua makanan," tulis pemilik akun OHBULAN! yang sepertinya merupakan salah satu pengelola sekolah.

Miris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen EmosiMiris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen Emosi Foto: Facebook OHBULAN!

Ia juga menceritakan kalau donasi makanan sisa ini bukan sekali saja terjadi. Hampir tiap minggu ada yang mau mendonasikan makanan sisa, tapi sebenarnya pihak sekolah ingin menolak.

Bukan karena sombong, melainkan menghindari kejadian seperti ini. Para pelajar berakhir tidak bisa menikmati makanan tersebut karena kualitasnya sudah tidak bagus.

"Saya sering bilang kalau Anda mencintai pelajar tahfiz atau benar-benar ingin berbagi makanan dengan kami, kirimkan siang hari ketika makanan masih hangat dan menggugah selera," tulis pemilik akun OHBULAN!

Ia melanjutkan, "Kalau sibuk, kami bisa mengambil makanan itu. Tapi jika Anda khawatir makanan itu tidak cukup, Anda tidak perlu khawatir. Bahkan di Madrasah, kami masak tiap hari."

Miris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen EmosiMiris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen Emosi Foto: Facebook OHBULAN!

Unggahan OHBULAN! ini semakin viral setelah seorang netizen Twitter membagikannya, Dyeana (@dyeanarose). Netizen lain yang membacanya pun banyak yang emosi.

"Saya dulu bekerja di sekolah tahfiz. Benar mereka tidak menerima makanan sisa sebagai donasi. Jika kamu mau donasi, tolong berikan makanan baru. Bukan karena mereka tidak bersyukur tapi ini hanya agar masalah (makanan terbuang) tidak terjadi. Dan para pelajar berhak untuk makan makanan yang hangat," tulis seorang netizen.

Ada juga yang bilang, "Kalau kamu sendiri saja tidak bisa memakannya, kenapa kamu pikir orang lain akan memakannya?" Nah, bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: Tak Tahu Cara Panaskan Makanan, Millennial Paling Banyak Buang Makanan

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com