Manfaat Daun Insulin dan Cara Mengolahnya, Bisa Buat Diabetes

Puti Yasmin - detikFood Jumat, 19 Mar 2021 10:30 WIB
Daun Insulin Foto: Istimewa/Manfaat Daun Insulin dan Cara Mengolahnya, Bisa Buat Diabetes
Jakarta -

Daun insulin merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Nah, bagaimana cara mengolah daun insulin agar bermanfaat bagi tubuh, khususnya untuk penderita diabetes.

Daun insulin memiliki nama latin Smallanthus Sonchifolius dan dikenal juga dengan nama lain daun yakon. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan Tengah.

Manfaat Daun Insulin dan Cara Mengolahnya dikutip Nourish Doc:

Dikenal dengan nama daun insulin karena tanaman ini memiliki sifat anti-hiperglikemik. Dalam studi di tahun 2012 di India Selatan diketahui bahwa daun insulin memiliki efek anti-diabetes pada pemakaian secara tradisional oleh suku setempat.

Dalam sejumlah penelitian lainnya, daun insulin terbukti memiliki antioksidan, anti inflamasi, anti kanker, hipolipidemik, dan diuretik. Kemudian, penelitian farmakologis dan fitokimia pada tahun 2014 menunjukkan bahwa ekstrak dari daun insulin berhasil menurunkan kadar glukosa darah.

Bahkan, dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical and Diagnostic Research menemukan bahwa penggunaan daun insulin secara teratur pada penderita diabetes bisa menyebabkan penurunan kadar glukosa darah dan postprandial secara signifikan.

  • Cara Mengkonsumsi Daun Insulin

Dikutip dari laman Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, daun insulin bisa dikonsumsi dengan merebus lima lembar daun insulin beserta air bersih dua gelas. Proses merebus ini sampai air menyusut setengahnya.

Konsumsi air rebusan dua kali sehari, masing-masing satu setengah gelas. Jika kadar gula darah stabil, maka mengonsumsi daun insulin bisa dihentikan.

Selain itu, cara mengonsumsi daun insulin yang lain adalah lima daun dijemur terbalik hingga kering. Daun yang kering tadi digerus sampai menjadi serbuk sebanyak 15 gram.

Larutkan serbuk dalam 600 ml air mendidih hingga berwarna hijau. Minum air larutan sebanyak tiga kali, yakni pagi, siang, dan malam hari.

Namun, dalam National Diabetes Education Program, cara mengatasi kadar gula darah bagi diabetes terbaik adalah dengan membatasi asupan gula, garam, dan lemak. Selain itu, konsumsi obat-obatan sesuai dengan petunjuk dokter.

Nah, banyak kan manfaat daun insulin bagi kesehatan?



Simak Video "Gelar Lomba Masak Daun Kelor, Istri Gibran: Ada Edukasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com