7 Makanan Pahit yang Dapat Turunkan Gula Darah, Baik untuk Diabetes

Diah Afrilian - detikFood Senin, 08 Feb 2021 06:00 WIB
Pare Foto: iStock
Jakarta -

Banyak makanan pahit yang justru memiliki manfaat yang begitu manis. Seperti sayuran dan bahan makanan yang bisa bantu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

Rasa pahit dalam sebuah makanan datang dari manfaat fitokimia dengan kandungan yang berpotensi sebagai antioksidan. Sebuah penelitian menemukan bahwa beberapa flavonoid dalam buah yang asam menjadi alasan adanya rasa pahit.

Nutrisi esensial yang terdapat dalam sebuah bahan makanan bahkan mampu mencegah penyakit kronis. Salah satunya penyakit diabetes yang terjadi pada sekitar 463 juta orang dewasa pada rentang usia 20-79 tahun.

Para ahli menyarankan orang-orang harus peduli pada manfaat kesehatan dari makanan yang memiliki rasa pahit dengan memperbaiki referensi mereka. Sayangnya, banyak bahan makanan seperti ini dimasak terlalu matang atau ditambahkan gula untuk menghilangkan rasa pahitnya yang berdampak mengurangi efektivitas nutrisinya.

Berikut ini 7 bahan makanan dengan rasa pahit yang baik dikonsumsi untuk menurunkan gula darah menurut BoldSky (24/1):

1. Daun Kari

Raw Green Organic Curry Leaves Ready to Cook WithRaw Green Organic Curry Leaves Ready to Cook With Foto: iStock

Daun kari menjadi rempah yang memiliki rasa pahit dengan manfaat untuk menurunkan gula darah yang cepat. Secara rutin, konsumsi daun kari bahkan akan menjaga gula darah agar tetap rendah.

Menurut salah satu penelitian, daun kari dapat membantu menurunkan gula darah setelah makan dalam waktu 15-30 hari. Daun kari bisa digunakan dalam campuran masakan seperti kari, gulai dan hidangan berempah lain.

Baca Juga: 9 Makanan Penurun Gula Darah Secara Cepat untuk Penderita Diabetes

2. Teh Hijau

Teh hijau merupakan tanaman camelia sinensis yang tidak diragukan lagi khasiatnya. Menurut penelitian, kandungan katekin dalam teh hijau memiliki antioksidan yang kuat dan berpotensi menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Konsumsi teh hijau secara rutin dan terus menerus dikatakan mampu mengurangi risiko diabetes. Bahkan teh hijau memiliki manfaat lain yaitu mengurangi risiko penyakit lainnya yang dikaitkan dengan insensitivitas insulin.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan daun yang keras, tebal dan lengket. Lidah buaya yang masih mentah memiliki rasa yang pahit dengan sedikit asam dan rasa manis di akhir.

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk pencegahan penyakit maupun pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian menunjukan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan tingkat glikemik pra diabetik pada penderita diabetes tipe 2.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com