Jadi Pengantar Makanan Pakai Sepeda, Pria Ini Berhasil Turun BB 126 Kg!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 17 Mar 2021 16:00 WIB
Jadi Pengantar Makanan Pakai Sepeda, Pria Ini Berhasil Turun BB 126 Kg! Foto: Mothership SG
Jakarta -

Menurunkan berat badan sampai ratusan kilo gram (kg) bukan perkara mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Pria di Singapura ini buktinya.

Kisah diet sukses selalu berhasil menyita perhatian. Pasalnya dibutuhkan usaha dan komitmen yang kuat dari seseorang untuk mendapat hasil penurunan berat badan yang maksimal.

Seperti halnya pria asal Singapura ini yang berhasil menurunkan berat badan sampai 126 kg! Semula beratnya 200 kg, namun kini beratnya sudah sudah menyentuh angka 74 kg.

Apa rahasia keberhasilannya memangkas berat badan sampai 126 kg? Dikutip dari Mothership SG (17/3), pria bernama Riz Fox ini membeberkannya.

Riz ternyata fokus bekerja sebagai pengantar makanan, bermitra dengan GrabFood. Hanya saja ia mengantar makanan dengan sepeda selama 4 tahun terakhir.

Jadi Pengantar Makanan Pakai Sepeda, Pria Ini Berhasil Turun BB 126 Kg!Jadi Pengantar Makanan Pakai Sepeda, Pria Ini Berhasil Turun BB 126 Kg! Foto: Mothership SG

Pria 37 tahun ini juga membagikan kisah diet suksesnya di grup Facebook yang berisi para mitra GrabFood. Ia mendapat banyak pujian dari rekan sesama pengantar makanan.

Riz bercerita dalam satu hari ia bisa bekerja sebagai pengantar makanan selama 6-7 jam. Ia bekerja 5 hari dalam seminggu.

Ia juga mengatakan kalau saat ini dirinya sudah tidak lagi berusaha menurunkan berat badan, tetapi fokus mempertahankan dan membangun energinya.

Berat badannya saat ini sekitar 85 kg. Terdapat kenaikan karena peningkatan massa otot.

Baca Juga: Salut! 5 Orang Ini Sukses Turunkan Berat Badan Hingga 40 Kilogram

Diakui Riz, menurunkan berat badan tidaklah mudah di masa-masa awal. Penurunan badannya sangat lambat.

"Di masa awal, butuh waktu sampai 1 tahun untuk saya menurunkan berat badan," tuturnya. Riz mulai mengubah pola makannya.

Balanced diet nutrition keto concept. Assortment of healthy ketogenic low carb food ingredients for cooking on a kitchen table. Green vegetables, meat, salmon, cheese, eggs. Top view backgroundJadi Pengantar Makanan Pakai Sepeda, Pria Ini Berhasil Turun BB 126 Kg! Foto: iStock

Ia beralih ke diet keto yang fokus pada asupan banyak lemak sehat. Menurut Riz, pola diet ini membuat berat badannya turun banyak.

"Saya melakukan diet keto, itu adalah langkah pertama saya menurunkan berat badan. Dan karena diet itu, saya mendapat energi yang saya butuhkan untuk berolahraga," katanya.

Selain itu, Riz hanya mengonsumsi sedikit karbohidrat. Saat ini ia hanya makan 20 gram karbohidrat setiap hari. Kira-kira jumlah tersebut setara dengan setengah telur ayam pada umumnya.

Karbohidrat yang ia konsumsi berasal dari nasi atau sayuran. Sebagai perbandingan, 100 gram nasi mengandung sekitar 30 gram karbohidrat sementara 100 gram bayam mengandung hanya sekitar 5 gram.

Riz juga pilih menjalani olahraga kesukaannya, bersepeda. Hanya saja ia berpikir, daripada hanya sekadar bersepeda keliling wilayah sekitarnya, mengapa tidak sekalian bekerja?

Dengan begitu ia bisa menurunkan berat badan sekaligus mendapat uang. Akhirnya Riz bergabung sebagai pengantar makanan GrabFood.

Jadi Pengantar Makanan Pakai Sepeda, Pria Ini Berhasil Turun BB 126 Kg!Jadi Pengantar Makanan Pakai Sepeda, Pria Ini Berhasil Turun BB 126 Kg! Foto: Mothership SG

"Saya mulai bersepeda di sekitar Bedok Reservoir. Kemudian saya bosan dan perlahan mulai bersepeda lebih jauh dan jauh lagi," katanya.

Untuk tips diet sukses ala dirinya, Riz mengungkap jadikan diet bukan sebuah 'diet' melainkan 'gaya hidup',

Ia juga mengatakan agar pelaku diet juga mengimbangi pola makan dengan olahraga yang sesuai. "Jangan putus asa, menyenangkan bisa menjelajahi Singapura dengan sepeda," pungkasnya.

Baca Juga: Perjalanan Diet Daffa hingga Sukses Turunkan 20 Kilogram

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com