Kreatif! Netizen Ini 'Sulap' Minyak Goreng Bekas Jadi Sabun

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 16 Mar 2021 18:04 WIB
Netizen mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi sabun cuci Foto: iStock
Jakarta -

Minyak goreng bekas pakai sering menumpuk dan akhirnya terbuang. Namun, di tangan netizen kreatif ini, minyak goreng bekas disulap menjadi sabun.

Banyak orang yang memiliki minyak goreng bekas di rumah. Terkadang bisa terkumpul banyak dan ujung-ujungnya terbuang begitu saja.

Namun, sebenarnya minyak goreng bekas pakai bisa dimanfaat atau didaur ulang kembali. Tujuannya agar minyak goreng bekas ini bisa bermanfaat dan dipakai kembali.

Produk daur ulangnya bisa dijadikan lilin ataupun sabun. Seperti yang dilakukan oleh sorang netizen asal Johor, Malaysia satu ini.

Baca Juga: Jangan Buang Minyak Jelantah, Manfaatkan Jadi Sabun hingga Pupuk Tanaman

Netizen mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi sabun cuciNetizen mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi sabun cuci Foto: Twitter @FiqhTabayyun

Dilansir dari World of Buzz (16/3), netizen ini memperlihatkan bagaimana dirinya mendaur ulang minyak goreng bekas atau minyak jelantah menjadi sabun yang bisa digunakan untuk mencuci. Ia membagikannya lewat akun Twitter miliknya @FiqhTabayyun.

Netizen Malaysia ini menjelaskan apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat sabun dari minyak goreng bekas. Berikut bahan-bahannya:

  • 472,15 mililiter air
  • 202,35 gram Lye atau alkali (Sodium hydroxide-NaOH)
  • 1,5 kilogram minyak goreng bekas
  • 46,88 gram pewangi
Netizen mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi sabun cuciNetizen mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi sabun cuci Foto: Twitter @FiqhTabayyun , iStock

Cara membuatnya:

1. Saring minyak goreng bekas ke dalam panci menggunakan kain bekas yang bersih agar sisa-sisa makanan tidak tercampur.
2. Kemudian, panaskan minyak goreng di atas kompor dan masak bersama daun pandan atau serai. Hal ini agar aroma minyak jadi harum dan mengurangi bau makanan di dalam minyak.
3. Campur alkali dengan air agar mempermudah proses pencampuran.
4. Setelah itu campurkan larutan air alkali ke dalam minyak goreng bekas yang telah dipanaskan. Lalu, kocok menggunakan pengocok manuan ataupun mixer hingga mencapai mengental seperti adonan.
5. Jika sudah, tuang adonan sabun minyak goreng bekas ke dalam wadah dan simpan hingga mengeras.
6. Sabun pun bisa digunakan untuk mencuci.

Netizen mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi sabun cuciNetizen mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi sabun cuci Foto: Twitter @FiqhTabayyun , iStock

Menurut netizen yang mendaur-ulang minyak goreng bekas ini, sabun tersebut bisa digunakan untuk mencuci pakaian. Caranya dengan mengikis tipis sabun dan campurkan dengan 100 gram karbonat dan boraks.

Kalau ingin dijadikan sabun pengepel lantai, cukup larutkan dengan air panas dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Setelah itu, sabun minyak goreng bekas itu bisa digunakan untuk mengepel lantai.

Baca Juga: Bahaya Bagi Kesehatan, Restoran di India Dilarang Pakai Minyak Goreng Bekas



Simak Video "Membandingkan Efektivitas Sabun Berbusa vs Tak Berbusa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com