7 Bunga Hiasan Makanan yang Bisa Dimakan dan Bernutrisi

Diah Afrilian - detikFood Senin, 15 Mar 2021 15:30 WIB
7 Bunga Hiasan Makanan yang Bisa Dimakan dan Bernutrisi Foto: Getty Images/iStockphoto/GSPictures
Jakarta -

Beberapa bunga banyak dipakai sebagai hiasan hidangan. Ternyata bunga-bunga ini bukan hanya sebagai hiasan, tetapi juga bisa dimakan dan berkhasiat sehat.

Garnish atau hiasan pada suatu hidangan dibuat agar penampilan makanan lebih menarik. Bahan-bahan yang digunakan sebagai hiasan ini sebagian besar juga bisa dimakan habis bersama hidangan yang disajikan.

Beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai hiasan atau garnish biasanya seperti bunga, serutan cokelat, karamel, gula halus, coklat bubuk, saus dan lainnya. Penambahan bahan-bahan tersebut dipilih berdasarkan kaitannya dengan bahan utama dari hidangan tersebut.

Penggunaan bunga sebagai hiasan pada hidangan juga bukan bunga sembarangan. Bunga-bunga tersebut merupakan bunga yang bisa dimakan bahkan terbukti memiliki manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh.

Berikut ini 7 bunga hiasan makanan yang dapat dimakan dan bernutrisi menurut Bold Sky (13/2):

1. Lavender

7 Bunga Hiasan Makanan yang Bisa Dimakan dan Bernutrisi7 Bunga Hiasan Makanan yang Bisa Dimakan dan Bernutrisi Foto: Getty Images/iStockphoto/GSPictures

Bunga lavender memiliki kandungan therapeutic untuk merelaksasi syaraf utama. Sifatnya yang therapeutic membuat lavender dapat menyembuhkan infeksi parasit, kejang otot atau luka akibat gigitan serangga dan luka bakar.

Warnanya yang cantik dan rasanya tidak tajam membuat lavender seringkali digunakan sebagai hiasan pada suatu hidangan. Misalnya roti panggang, salad, hidangan penutup bahkan sebagai bumbu.

2. Dandelion

Dandelion memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Bunga ini juga memiliki sifat penurun glukosa yang baik untuk tubuh.

Dandelion mengandung senyawa bioaktif seperti asam klorogenat, asam siklik dan taraxasterol. Kandungan senyawa ini berfungsi membantu tubuh mengendalikan diabetes dan gangguan metabolisme.

Baca Juga: Tampilannya Cantik, 10 Bunga dan Tumbuhan Cantik Ini Bisa Dimakan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com