Ini Jenis Bunga yang Tengah Hits Jadi Topping Makanan Kekinian

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 04 Mei 2018 16:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tidak hanya cantik dipadukan di pakaian atau sebagai aksesoris. Bunga juga turut meramaikan dunia kuliner, dengan berbagai hidangan cantik bertopping bunga indah.

Menurut Lee Tran Lam, selaku penulis makanan di majalah Vogue Australia, bunga tidak ubahnya seperti fashion yang memiliki berbagai tren, musim, dan perayaan spesial. Menurut Lee, edible flowers atau bunga yang bisa dimakan merupakan tren makanan yang akan terus menghiasi tahun 2018.

Baca Juga: Wah! 9 Makanan Ini Makin Cantik Karena Ditambah Edible Flower

Dilansir dari Washington Post (03/05), berikut jenis edible flowers yang banyak ditemui di makanan kekinian.


1. Elderflower
Ini Jenis Bunga yang Tengah Hits Jadi Topping Makanan KekinianFoto: iStock
Bunga ini memiliki ukuran kecil dan berwarna putih, aromanya harum seperti aroma madu. Elderflower merupakan bunga yang banyak digunakan sebagai campuran gin, terutama gin yang diproduksi di St. Germain. Selain cocok dipadukan dengan gin, rasa bunga ini juga cocok diracik dalam cocktails.

Bahkan, popularitas bunga ini semakin terkenal setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan kue dengan bunga elderflower jadi kue pengantin mereka.


2. Hibiscus
Ini Jenis Bunga yang Tengah Hits Jadi Topping Makanan KekinianFoto: iStock
Banyak bunga yang tergabung dalam jenis hibiscus, umumnya bunga ini tumbuh di wilayah dengan iklim tropis atau sub-tropis. Bunga ini sejak lama telah menjadi bagian dari kuliner di dunia, terutama di pusat Amerika, yang mengubah bunga ini menjadi ragam kue lezat.

Selain itu bunga ini juga populer sebagai minuman teh herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


3. Lavender

Ini Jenis Bunga yang Tengah Hits Jadi Topping Makanan KekinianFoto: Baban Gandapurnama
Banyak yang berpikir bahwa bunga lavender memiliki rasa yang mirip dengan sabun. Bunga lavender sendiri baru digunakan ke dalam makanan, setelah tren lavender latte populer. Minuman kopi ini, menggunakan campuran sirup lavender yang menghasilkan citarasa unik dan menarik. Selain kopi, lavender juga cocok menjadi varian es krim.

4. Lilac
Ini Jenis Bunga yang Tengah Hits Jadi Topping Makanan KekinianFoto: iStock
Bunga cantik berwarna ungu muda ini sering ditemukan di atas kue, hingga salad. Warnanya yang cantik, dan ukurannya yang mungil membuat bunga lilac menjadi edible flowers yang populer. Tidak hanya di atas kue saja, lilac juga cocok sebagai campuran di minuman mocktail yang digin dan segar.


5. Bunga jenis lainnya

Ini Jenis Bunga yang Tengah Hits Jadi Topping Makanan KekinianFoto: iStock
Banyak bunga lain yang termasuk ke dalam edible flowers, dan cocok dipadukan dengan makanan. Salah satunya bunga blossoms, mawar, violet, dan nasturtium. Umumnya bunga-bunga ini digunakan sebagai dekorasi untuk salad dan makanan.

Namun perlu diingat, dalam penggunaannya, Anda harus tetap berhati-hati memilih bunga. Pastikan bunga yang akan dimasukan aman, dan termasuk kedalam edible flowers yang bebas dari peptisida dan kimia lainnya.

Baca Juga: 'Edible Flowes', Bunga yang Bisa Dimakan (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com