Makanan Kaki Lima Jepang & Korea

Ada 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat Ini

Ajie Prasetya - detikFood Sabtu, 13 Mar 2021 15:00 WIB
Ada 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat Ini Foto: Ajie Prasetya/detikcom
Jakarta -

Hot dog khas Korea dengan beragam paduan isian, manis atau gurih tersedia di tempat ini. Digoreng saat dipesan, gurih, manis rasanya bikin ketagihan. Mampir yuk!

Seiring kepopuleran drama Korea, jajanan Korea ikut naik daun. Salah satu jajanan yang sering muncul di drakor adalah corndog. Camilan ini berbentuk bulat panjang dengan tusukan kayu.

Isinya sosis yang dibalut adonan tepung jagung lalu digoreng kering. Isiannya bisa ditambah keju dan lapisan luarnya juga beragam.

Di Jogja ada sebuah tempat yang cocok bagi yang ingin mencicipi berbagai jajanan Korea. Nama tempatnya Korean Express. Warung ini terletak di Jl. Taman Siswa No.125, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Hanya berkisar sekitar 10-15 menit dari tempat wisata ikonik, Malioboro.

Ada 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat IniAda 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat Ini Foto: Ajie Prasetya/detikcom

Di sini kita bisa mencicipi banyak makanan khas Korea yang rasanya gurih, pedas sampai manis. Banyak orang menganggap tempat ini merupakan warung terenak buat jajanan Korea.

Warungnya mungil dan didominasi warna putih dengan interior minimalis dengan sentuhan warna putih. Ada beberapa bangku kayu tersedia untuk makan di tempat.

Korean Express Taman Siswa ini merupakan cabang keempat dari beberapa gerai mereka di Jogja. Menu jajanan Korea yang ditawarkan berupa K-Hotdog K-Snacks, Tteokbokki hingga Samyang.

Menunya terpampang di papan. Karena detikcom ingin mencicipi K-Hotdog atau corndog yang jadi anadalan di sini, kami fokus melihat beragam pilihan. Total ada 15 varian corndog yang ditawarkan. Sedangkan isiannya ada dua, keju mozzarella dan sosis. Wah, jadi bingung memilih yang paling enak!

Ada 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat IniAda 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat Ini Foto: Ajie Prasetya/detikcom

Menu andalan Korean Express adalah corndog Mozza Choco dan Korean Fire Hotdog. Pertama kami mencicipi Mozza Choco (Rp 25.000). Sesuai dengan namanya corndog ini merupakan paduan keju mozzarella dan cokelat.

Corndog dibalut cokelat tebal yang sangat renyah saat digigit. Apalagi ada keju mozzarella yang mulur creamy gurih yang mengiringinya. Rasanya manis dan gurih beradu dalam tiap gigitan. Tak heran kalau corndog ini jadi favorit.

Berbeda dengan Korean Fire Hotdog (Rp 25.000). Sesuai dengan namanya corndog ini diberi topping cabe bubuk dan wijen. Aroma pedas cabe dan harum wijen tercium sedap. Bagian dalamnya berisi sosis dan saus yang menambah gurih enak rasanya.

Ada 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat IniAda 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat Ini Foto: Ajie Prasetya/detikcom

Harga makanan di Korean Express, bisa dibilang relatif murah. ''Di sini untuk harga makanan berkisar di antara harga 15 sampai 30 ribu. Untuk corndog yang menjadi andalan kita harganya ada di antara 20 sampai 25 ribu saja.''. ujar Septi, pegawai di Korean Express pada detikcom (9/3).

Meski terbilang baru dibuka pada Januari 2021, Korean Ekspress cabang Taman Siswa ini ramai. Hal ini diutarakan oleh Anto, juru masak Korean Express. Bisa makan di tempat atau pesan lewat ojol. Jam operasionalnya 24 jam setiap hari. Bagi penyuka jajanan Korea datang kapan saja ke tempat ini.

Soal resep menurut Anto tidak ada resep khusus untuk makanan ini.

Ada 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat IniAda 15 Jenis Corndog, Hotdog Khas Korea di Tempat Ini Foto: Ajie Prasetya/detikcom

"'Untuk bahan makanan sudah disediakan dari kantor pusat Korean Ekspress di Godean sehingga kami cuma memasaknya saja. Namun, yang jadi ciri di sini tentunya cita rasa yang kami sajikan dan ini berbeda dengan tempat lainnya," tutup Anto.

Selain itu Korean Express termasuk pelopor makanan Korea di Jogja karena sudah ada sejak tahun 2016. Mungkin itu yang membuat tempat ini memiliki daya tarik pencinta jajanan Korea di Jogja.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com