5 Jenis Twigim, Gorengan Asal Korea Selatan yang Nikmat

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 16:00 WIB
twigim korea Foto: iStock
Jakarta -

Korea Selatan punya jajanan berupa gorengan yang renyah enak. Namanya twigim dan biasa ditawarkan penjual kaki lima. Apa saja jenisnya? Ini 5 twigim enak!

Twigim adalah gorengan khas Korea Selatan yang sangat populer. Seperti gorengan dari negara lainnya, aneka bahan dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga renyah.

Tidak seperti gorengan khas Indonesia, twigim lebih mirip dengan tempura asal Jepang. Bahan utamanya juga tak jauh berbeda.

Ada sayuran, cumi-cumi, cabai hijau, hingga mandu (pangsit). Biasanya twigim ditawarkan oleh penjual kaki lima di area pasar tradisional, stasiun, tempat wisata, dan area turis di Korea Selatan.

Twigim biasanya dinikmati dengan racikan kecap asin. Ada juga yang menikmati twigim untuk pelengkap makan tteokbokki. Selain twigim, biasanya penjual juga menawarkan corn dog.

Baca Juga: 5 Makanan Korea untuk Hangatkan Tubuh Saat Musim Dingin

Berikut 5 jenis twigim (gorengan Korea) yang renyah enak:

1. Yachae Twigim

twigim koreatwigim korea Foto: iStock

Yachae twigim adalah gorengan yang terbuat dari sayuran. Yachae memiliki arti sayuran dan twigim berarti gorengan. Sayuran yang biasa digunakan untuk yachae twigim ini adalah wortel dan buncis.

Yachae twigim rupanya sangat mirip dengan tempura sayuran khas Jepang. Menyoal rasa juga tak jauh berbeda. Kalau di Indonesia mungkin yachae twigim ini bisa disebut bakwan.

2. Ojingeo Twigim

twigim koreatwigim korea Foto: iStock

Ojingeo twigim adalah gorengan yang terbuat dari cumi-cumi. Dalam bahasa Korea ojingeo memiliki arti cumi-cumi. Ojingeo twigim juga banyak ditawarkan oleh penjual kaki lima.

Biasanya cumi-cumi yang digunakan berukuran besar. Namun, ada juga yang sudah dipotong memanjang.

Balutan tepung pada ojingeo twigim tak begitu tebal, jadi terasa renyah ketika disantap. Rasanya yang gurih enak pas jadi teman makan tteokbokki.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Budae Jjigae di Kemang yang Nagih Banget"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com