Viral! Pria Ini Membuat BBQ Iga Sapi Vegan yang Mirip Iga Sapi Asli

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 13:00 WIB
Grilled juicy barbecue pork ribs in a white plate with fries and parsley. Foto: iStock
Jakarta -

Gaya hidup vegan tanpa konsumsi produk hewani kini sedang tren. Pria ini membuat iga sapi vegan persis aslinya yang rasanya lezat.

Vegan merupakan pola makan atau gaya hidup yang benar-benar menghindari semua produk yang dihasilkan dari hewan. Berbeda dengan vegetarian yang masih mengonsumsi produk olahan seperti susu, telur dan madu. Pelaku vegan bahkan menghindari penggunaan pakaian kulit dan benang wol.

Vegan ini menjadi gaya hidup yang paling sehat bahkan dibandingkan dengan vegetarian. Vegan juga diklaim sebagai diet yang dapat membantu menurunkan berat badan lebih ampuh dibandingkan diet lainnya.

Tetapi para pelaku vegan juga seringkali memiliki resep yang inovatif untuk membuat suatu hidangan menyerupai produk hewani. Tentunya, hidangan yang dibuat menggunakan 100% bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan.

Viral! Pria Ini Membuat BBQ Iga Sapi Vegan yang Mirip Iga Sapi AsliViral! Pria Ini Membuat BBQ Iga Sapi Vegan yang Mirip Iga Sapi Asli Foto: Twitter@1votm

Dilansir melalui Daily Mail UK (8/3), seorang pria asal Florida yang juga pelaku vegan. Giovanni Randolph menjadi viral setelah membagikan foto iga bakar buatannya yang menggunakan 100% bahan nabati.

Randolph sendiri telah menjalani kehidupan sebagai vegan sejak 2016. Hal ini membuatnya sudah sangat mengerti bagaimana cara menyajikan hidangan bagi vegan yang tidak membosankan.

Baca Juga: Menu Vegan Hemat Bisa Dibuat dengan Rp 250 Ribu Seminggu untuk 3 Orang

Tidak hanya berbagai resep, Randolph juga menulis sebuah buku yang berjudul 'Breakfast Out the Mud'. Resep iga bakar bebas dagingnya ini menjadi salah satu yang ada di dalam buku tersebut.

Viral! Pria Ini Membuat BBQ Iga Sapi Vegan yang Mirip Iga Sapi AsliViral! Pria Ini Membuat BBQ Iga Sapi Vegan yang Mirip Iga Sapi Asli Foto: Twitter@1votm

Terbuat dari gluten gandum, adonan tepung itu kemudian diubahnya menjadi 'iga bakar'. Hasil akhirnya pun begitu mirip dengan iga bakar yang berasal dari tulang rusuk sapi pada umumnya.

Randolph memulai dengan menguleni adonan tepung gandum. Setelah menyatu dengan baik, adonan tersebut kemudian dicuci untuk menghilangkan patinya.

Uniknya, ketika adonan tersebut telah bersih dari pati. Adonan tepung gandum tersebut memiliki elastisitas yang keluar dari kandungan gluten dan menyerupai tekstur daging.

Randolph juga menambahkan rempah dan perasa agar adonannya menjadi kaya rasa dan semakin mendekati rasa daging yang sebenarnya. Sebelum memanggang, ia juga membubuhi saus barbeque pada adonan iga gandumnya tersebutnya.

Viral! Pria Ini Membuat BBQ Iga Sapi Vegan yang Mirip Iga Sapi AsliViral! Pria Ini Membuat BBQ Iga Sapi Vegan yang Mirip Iga Sapi Asli Foto: Twitter@1votm

"Meletakkan beberapa iga vegan pada panggangan untuk akhir pekan," tulis Randolph pada akun twitter pribadi miliknya.

"Saya menjadi vegetarian sebagai resolusi tahun baru 2017 saya dan setelah 3 bulan saya memutuskan untuk menjadi vegan - dan saya belum pernah kembali ke pola makan sebelumnya sejak saat itu," kata Randolph.

Unggahan ini kemudian disambut baik oleh para pengikutnya yang juga pelaku vegan. Ia mendapatkan lebih dari 20 ribu likes dan ratusan komentar. Mereka juga mengatakan bahwa resep Randolph sangat membantu mereka.

"Ini terlihat sangat bagus, sebenarnya. Bagus untuk melihat semakin banyak alternatif yang terlihat sama lezatnya," kata salah satu pengikutnya.

"Wow! Kamu hampir membuat kami khawatir sesaat," tulis badan amal hewan PETA.

Ada juga beberapa netizen yang melontarkan kritik. Mereka menyebut iga bakar itu bukanlah iga sapi tetapi roti diolesi saus BBQ. Bahkan mereka menyebut Randolp memanggang kue bukan iga sapi.

Baca Juga: 5 Restoran Ramah Vegan dengan Menu Enak untuk Mulai Hidup Sehat



Simak Video "Masak Masak: Resep Bakso Iga Sapi Kuah Kaldu Merah yang Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com