Menu Vegan Hemat Bisa Dibuat dengan Rp 250 Ribu Seminggu untuk 3 Orang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 24 Agu 2020 11:30 WIB
Rencana menu vegan hemat Foto: Twitter @Hujandisenja
Jakarta -

Jalani pola hidup vegan, tak harus mahal. Netizen ini membuktikan dengan Rp 250 ribu seminggu sudah bisa bikin menu vegan hemat untuk 3 orang. Kayak apa ya menunya?

Menjadi vegan kini dilakoni banyak orang. Selain untuk alasan kesehatan, banyak orang juga menjalaninya sebagai bentuk kepedulian pada alam. Soal menu, membuatnya tak harus selalu memakai produk mahal yang biasa memiliki label "organik", "natural," atau "vegan friendly".

Mengonsumsi ragam buah dan sayur lokal bisa jadi solusinya. Hal ini diungkap netizen @Hujandisenja via Twitter. Ia membuat utas berjudul "Meal plan vegan on budget for 1 week" yang sudah mendapat lebih dari 6 ribu likes saat berita ini dibuat.

Rencana menu vegan hematRencana menu vegan hemat Foto: Twitter @Hujandisenja

Ia memberi tahu daftar belanja ala dirinya. "Total semua Rp 250.000 sama buah untuk seminggu. Harga sayur dan buah ini di pasar deket rumahku, mungkin akan berbeda harganya di pasar sekitar kamu. Jangan lupa untuk taro beberapa sayur di wadah tertutup dan semua taro kulkas," ujarnya di awal.

Beberapa yang ia beli adalah kangkung, tempe, bayam, sawi putih, brokoli, sayur asem, jamur kancing, edamame, beet, paprika, dan daun ketumbar. Untuk buahnya ada mangga, alpukat, apel, buah naga, semangka, pepaya, dan pisang.

Rencana menu vegan hematRencana menu vegan hemat Foto: Twitter @Hujandisenja

@Hujandisenja menyarankan sayuran juga bisa langsung disimpan berdasarkan menu yang ingin dibuat, misalnya cap cay. Lalu untuk sayur yang layu sebaiknya tidak dibuang karena bisa dibuat jadi kaldu sayur.

"Satukan sisa sayuran yang ada di kulkas. Cuci bersih lalu tambahkan air. Tinggal rebus selama 30 menit kurang lebih. Nanti saring dan kaldunya masukin botol tertutup terus simpan kulkas, bisa dipakai untuk bikin macem2 termasuk pasta nanti," katanya.

Baca Juga: Sehat Tak Harus Mahal, Restoran Ini Sajikan 60 Makanan Vegan Murah dan Enak

Rencana menu vegan hematRencana menu vegan hemat Foto: Twitter @Hujandisenja

Untuk bumbu makanan, @Hujandisenja menganggap seseorang sudah memiliki bumbu dasar yang sebaiknya dimiliki vegan. Misalnya garam, herba kering, lada hitam, jahe bubuk, kunyit bubuk, jinten bubuk, pala, lemon, jeruk nipis, serai, sampai ketumbar.

Lantas seperti apa menunya? @Hujandisenja membuat masakan Indonesia untuk makan siang dan masakan Asia serta Barat untuk makan malam. Tak ketinggalan menu sarapan dan camilan.

Sebagai contoh, hari 1 misalnya seperti berikut:
Sarapan: smoothies buah campur
Camilan: chocolate ball vegan
Makan siang: barley, tumis kangkung, sambal tempe kemiri, terong bakar
Makan malam: pasta pedas

Rencana menu vegan hematRencana menu vegan hemat Foto: Twitter @Hujandisenja

Lalu untuk hari 7 bisa menggunakan menu berikut:Sarapan: avocado toast
Camilan: edamame dengan garam (Himalaya atau kosher)
Makan siang: barley, pepes jamur, tumis oyong
Makan malam: salad segar

@Hujandisenja menekankan dirinya memang tidak makan nasi sehingga ia mengasup barley sebagai gantinya. Namun ia juga mengatakan tak mengapa kalau seseorang masih tetap mau makan nasi dan mencontek rencana menunya.

Di kolom komentar banyak netizen yang menjalani pola makan vegan, merasa terbantu dengan unggahan @Hujandisenja. Sebab menu yang ia rancang benar-benar menu yang masih akrab dengan lidah orang Indonesia.

Baca Juga: 5 Restoran Ramah Vegan dengan Menu Enak untuk Mulai Hidup Sehat



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Mie Kocok Bakso dan Lotek Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)