Duh! Tren Cium Aroma Ikan Amis Jadi Viral di Internet

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 07 Mar 2021 14:00 WIB
Duh! Tren Cium Aroma Ikan Amis Jadi Viral di Internet Foto: YouTube Ciarnan Bryne
Jakarta -

'Stinky Fish Challenge' jadi tren terbaru di internet. Tren ini mengajak orang-orang untuk mencium aroma hingga makan ikan paling amis di dunia.

Tren viral di internet dan media sosial datang silih berganti. Baru-baru ini muncul tren viral yang cukup menantang karena melibatkan ikan paling amis atau bau di dunia.

Baca Juga: Wah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC Umum

Dilansir dari Republic World (06/03), 'Stinky Fish Challenge' ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Tapi baru dipopulerkan dan viral sekarang.

Sesuai namanya, tantangan ini mewajibkan seseorang untuk mencium aroma atau makan ikan kaleng khas Swedia, yaitu Surstromming.

Duh! Tren Cium Aroma Ikan Amis Jadi Viral di InternetDuh! Tren Cium Aroma Ikan Amis Jadi Viral di Internet Foto: Wiki

Makanan khas yang terbuat dari ikan baltik ini jadi kebanggaan di Swedia, meskipun memiliki aroma busuk yang sangat menyengat. Surstromming sudah ada sejak abad ke-16. Proses fermentasi membuat aroma ikan menjadi semakin busuk.

Bahkan menurut salah satu penelitian di Jepang, Surstromming masuk ke dalam makanan paling bau di dunia. Aromanya mirip seperti telur busuk dan sampah yang bikin mual.

Tren ini semakin viral setelah seorang pria bernama Donald Maclennan mengajak kedua anaknya untuk menghirup aroma Surstromming. Ia kemudian merekam reaksi mereka saat mencium aroma busuk ikan.

Ketika kaleng ikan itu dibuka, mereka bertiga langsung memejamkan mata karena aroma busuk yang keluar langsung menyengat. Bahkan mereka langsung menyesali keputusan untuk membuka kaleng itu.

Meski sudah menutup hidung, tapi aroma dari Surstromming ini mirip seperti kotoran anjing. Ketiganya tetap memberanikan diri untuk mencicipi ikan itu.

Saat Donald baru mencicipi ikan itu, ia langsung mual dan tak tahan. Setelah berhasil menggigitnya, Donald langsung muntah-muntah di depan kamera.

Duh! Tren Cium Aroma Ikan Amis Jadi Viral di InternetDuh! Tren Cium Aroma Ikan Amis Jadi Viral di Internet Foto: YouTube Ciarnan Bryne

Banyak netizen yang penasaran ingin mencoba tren ini. Ada juga yang memilih untuk tidak berurusan dengan ikan yang memiliki aroma busuk.

"Jujur ini adalah video terlucu yang saya tonton. Reaksinya mirip seperti ketika saya mencoba makan sesuatu setelah minum alkohol," tulis salah satu netizen.

"Sepanjang sore ini saya menghabiskan waktu untuk menonton video tantangan Stinky Fish Challenge. Tampaknya tidak akan makan malam ini," canda netizen lainnya.

Baca Juga: Baunya Mirip Mayat! 5 Hidangan Ikan di Dunia Ini Punya Aroma Busuk



Simak Video "Bikin Laper: Lembutnya Kebab Sapi Jumbo 1 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com