Baunya Mirip Mayat! 5 Hidangan Ikan di Dunia Ini Punya Aroma Busuk

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 10:30 WIB
Hidangan Ikan di Dunia Ini Punya Aroma Busuk Foto: Wiki/iStock/Ist
Jakarta -

Tak hanya durian yang memiliki aroma tajam, beberapa hidangan ikan di dunia juga beraroma tajam. Bahkan ada yang menyebut aromanya mirip mayat.

Tak sulit untuk menemukan hidangan ikan tradisional di berbagai negara. Karena hampir setiap negara memiliki olahan ikan masing-masing. Namun di antara sekian banyak hidangan ikan, ada beberapa makanan yang justru terkenal karena aromanya yang busuk.


Seperti olahan ikan Surstromming dari Swedia contohnya, ikan ini disebut sebagai makanan paling bau di dunia karena aroma tajam dan amisnya. Sementara di Korea ada Hongeo, hidangan ikan mentah yang aromanya mirip seperti daging busuk.

Dilansir dari Open Journey (04/08), berikut lima hidangan ikan tradisional yang paling bau di dunia.


Baca Juga: 7 Jenis Makanan Ekstrem yang Mematikan Ini Tetap Digemari


1. Kusaya

Hidangan Ikan di Dunia Ini Punya Aroma BusukHidangan Ikan di Dunia Ini Punya Aroma Busuk Foto: Wiki/iStock/Ist

Selain terkenal dengan hidangan sushi dan sashimi yang mendunia, Jepang juga punya hidangan ikan tradisional lainnya. Namanya Kusaya, hidangan yang satu ini punya aroma yang sangat tajam.

Dibuat dari ikan Kusaya khas Jepang, ikan lebih dulu direndam dengan larutan garam (brine) dan dijemur di bawah sinar matahari. Ciri khas Kusaya terletak pada larutan garam atau brine yang sudah digunakan selama ribuan tahun.

Jadi karena larutan brine ini lah yang membuat aroma ikan Kusaya menjadi tajam dan memiliki aroma tak sedap. Kusaya sendiri memiliki artian 'aroma menyengat'.

Meski begitu makanan ini digemari banyak orang. Biasanya ikan Kusaya yang sudah dikeringkan, akan dipanggang dan dimakan langsung sebagai camilan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3