Wah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC Umum

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 20 Sep 2020 19:30 WIB
Wah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC Umum Foto: Flickr/NPR/Korea Herald
Jakarta -

Disebut sebagai makanan paling bau di Korea Selatan. Hidangan ikan yang satu ini aromanya mirip WC umum yang bikin mual.

Punya banyak makanan populer yang kekinian dan mendunia, ternyata ada juga makanan khas Korea Selatan yang dianggap ekstrem bagi sebagian orang.

Hidangan ini namanya Hongeo, terbuat dari irisan mentah ikan skate sejenis ikan pari yang lebih dulu difermentasi selama beberapa waktu. Proses fermentasi biasanya menggunakan campuran urine dari ikan skate sendiri.

Aroma dari fermentasi ikan skate ini menimbulkan sengatan tajam, yang disebut mirip seperti bau tak sedap di dalam WC atau toilet umum.

Wah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC UmumWah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC Umum Foto: Flickr/NPR/Korea Herald

Dilansir dari Oddity Central (20/09), meski punya rasa yang tak terlalu buruk tapi Hongeo kurang populer. Banyak orang Korea yang enggan makan Hongeo karena aromanya yang sangat bau.

Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa aroma tak sedap ini akan menempel di mulut, rambut hingga pakaian. Campuran bau amis dengan aroma fermentasi yang tajam, membuat restoran yang menyajikan menu Hongeo harus menyiapkan pewangi ruangan hingga deodoran untuk para pengunjung.

"Saya tidak mengerti mengapa ada orang yang mau membayar untuk makan ikan busuk, di dalam restoran yang aromanya mirip seperti WC umum," tutur salah satu warga Korea Selatan.

Wah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC UmumWah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC Umum Foto: Flickr/NPR/Korea Herald

Sementara menurut food blogger bernama Joe McPherson, ia mengungkapkan bahwa Hongeo sangat menantang dibandingkan makanan ekstrem lainnya.

"Saya sudah pernah makan durian, serangga sampai daging anjing. Tapi Hongeo tetap menjadi makanan paling menantang yang pernah saya makan. Rasanya mirip seperti ketika kita menjilati tempat kencing," jelas Joe.

Ikan skate diketahui mengeluarkan air kencing atau urine melalui permukaan kulit. Karenanya aroma tak sedap dari ikan ini begitu kuat, sampai orang-orang harus menyantapnya dengan minuman alkohol. Tekstur dagingnya cukup kenyal dan renyah di bagian luar sehingga sulit untuk ditelan.

Bahkan mendiang chef Anthony Bourdain saja memasukkan Hongeo sebagai makanan paling buruk yang pernah ia rasakan.

Wah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC UmumWah! Hidangan Ikan khas Korea Ini Aromanya Mirip WC Umum Foto: Flickr/NPR/Korea Herald

Meski tidak sepopuler hidangan lainnya, tapi Hongeo masih digemari bagi sebagian orang. Terutama orang-orang yang tahu cara makannya.

"Cara makan Hongeo, pertama hirup Hongeo dari mulut lalu cium Hongeo menggunakan hidung. Setelah itu baru dimakan, aromanya ini akan membuat banyak orang ketagihan," jelas Sue Ahn, penulis makanan asal Korea Selatan.

Selain aromanya yang tak sedap, ternyata Hongeo punya sejarah panjang yang cukup menarik. Hidangan ini disebut sudah ada sejak abad ke-14, di mana pembajak asal Jepang mengarungi perairan Selatan.

Di sana mereka melihat bahwa banyak ikan yang membusuk tapi tidak dengan ikan skate. Akhirnya ikan skate ini difermentasi menggunakan urine mereka sendiri secara alami.

Baca Juga: Konsumsi Berlebihan 5 Makanan Ini Bikin Kentut Berbau Busuk



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Makanan Legendaris di Pasar Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)