Konsumsi Berlebihan 5 Makanan Ini Bikin Kentut Berbau Busuk

Devi Setya - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 18:00 WIB
Makanan yang Bikin Kentut Bau Foto: Getty Images/iStockphoto/Olesia Shadrina
Jakarta -

Kentut atau buang gas adalah reaksi normal dari sistem tubuh. Tapi kentut yang aromanya sangat bau pasti akan mengganggu, ternyata aroma kentut dipengaruhi makanan yang disantap.

Dilansir dari Fitday (18/9) kentut yang berupa gas terbentuk karena proses produksi metabolisme bakteri dalam usus. Kentut juga bisa dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kentut merupakan reaksi alami jadi sebisa mungkin tidak perlu ditahan. Secara umum, kentut memang memiliki aroma kurang sedap tetapi baunya akan lebih menusuk hidung kala kamu mengonsumsi makanan penyebab kentut bau.

Bau kentut yang busuk dan menusuk hidung ini tentu saja mengganggu, apalagi kalau kamu sedang berkumpul dengan teman atau berada di tempat umum. Bisa jadi bau kentut akan membuat kamu merasa bersalah.

Berikut beberapa makanan yang menyebabkan kentut berbau busuk.

1. Brokoli dan kembang kol

Makanan yang Bikin Kentut BauMakanan yang Bikin Kentut Bau Foto: Getty Images/iStockphoto/Olesia Shadrina


Brokoli merupakan salah satu sayuran sumber serat. Kandungan serat dalam brokoli sangat baik untuk tubuh, apalagi brokoli juga mengandung karbohidrat namun karbo pada brokoli tidak mudah dicerna oleh tubuh.

Serat brokoli yang lama mengendap dalam usus besar kemudian memancing bakteri untuk mengolahnya jadi energi. Hal inilah yang menghasilkan gas berbau, gas ini kemudian keluar menjadi kentut. Bukan hanya brokoli, kembang kol juga memiliki reaksi yang sama.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Makanan Legendaris di Pasar Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]