5 Makanan yang Menyebabkan Kamu Sering Kentut

Riska Fitria - detikFood Selasa, 21 Jul 2020 18:30 WIB
Makanan yang menyebabkan kamu sering kentut Makanan yang menyebabkan kamu sering kentut Foto: iStock
Jakarta -

Ternyata makanan juga bisa menyebabkan kamu sering kentut. Makanan tersebut aktif untuk meningkatkan gas dalam tubuh, sehingga dikeluarkan berupa kentut.

Kentut atau flatulensi adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur. Kentut disebabkan karena meningkatnya gas dalam tubuh. Makanan bisa menjadi pemicu gas dalam tubuh meningkat, salah satunya adalah makanan yang mengandung serat.

Selain itu, ada juga makanan yang kandungannya sulit dicerna oleh tubuh, sehingga menyebabkan gas dalam tubuh ikut meningkat. Tak hanya makanan saja, minuman pun juga ada yang berperan meningkatkan gas dalam tubuh, sehingga berakhir memicu keluarnya kentut secara terus menerus.

Dilansir dari Men's Health (17/07) berikut 5 makanan yang menyebabkan sering kentut.

1. Kacang-kacangan

Makanan yang menyebabkan kamu sering kentutMakanan yang menyebabkan kamu sering kentut Foto: iStock

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang menyebabkan sering kentut , termasuk lentil, kacang polong, kacang tanah dan lainnya. Itu karena kacang mengandung gula kompleks dalam jumlah yang tinggi. Kandungan itu membuat tubuh sulit untuk mencerna.

Selain itu, kacang juga tinggi akan serat. Nah, asupan serat yang tinggi itu juga akan meningkatkan gas dalam tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi sering kentut. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal.

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa bakteri di usus akan memecah kandungan gula kompleks dalam kacang. Proses itu akan menghasilkan semua jenis gas, seperti hidrogen, metana dan bahkan belerang. Gas-gas tersebutlah yang jika keluar akan mengeluarkan bau busuk.

Mungkin kamu bisa memilih jenis kacang sebelum dikonsumsi. Sebab menurut Jurnal yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine menyebut bahwa orang yang makan kacang panggang dan kacang pinto cenderung mengalami peningkatan gas daripada mereka yang makan kacang hitam.

Baca Juga : Ups! Gara-gara Makan Telur dan Daging, Kentut Bisa Berbau Busuk

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ketika Lupis dan Semprong Bertransformasi Jadi Jajanan Kinian"
[Gambas:Video 20detik]