Sebut Mau Jajan Nanas Taiwan, Penyanyi Ini Diblokir dari Media Sosial China

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 06 Mar 2021 15:30 WIB
Sebut Mau Jajan Nanas Taiwan, Penyanyi Ini Diblokir dari Media Sosial China Foto: Taiwan News
Jakarta -

Perseteruan buah nanas di antara China dan Taiwan sampai membuat penyanyi Taiwan ini diblokir oleh media sosial China karena menulis akan membeli nanas asal Taiwan.

Beberapa minggu terakhir kontroversi buah nanas membuat hubungan Taiwan dan China jadi renggang. Bahkan pada akhir Februari lalu, Beijing mengumumkan untuk melarang semua impor nanas dari Taiwan.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Negara Ini Jadi Saling Rebutan Kepemilikannya

Menurut pemerintah China, nanas-nanas yang dikirim dari Taiwan diduga memiliki organisme yang berbahaya untuk tubuh manusia. Tak terima dengan tuduhan itu, pemerintah Taiwan langsung meluncurkan kampanye 'Kebebasan Nanas'.

Sebut Mau Jajan Nanas Taiwan, Penyanyi Ini Diblokir dari Media Sosial ChinaSebut Mau Jajan Nanas Taiwan, Penyanyi Ini Diblokir dari Media Sosial China Foto: Taiwan News

Kampanye ini mengajak warga Taiwan, perusahaan sekaligus organisasi untuk membeli nanas dari petani lokal di Taiwan. Karena selama ini hampir seluruh produksi nanas di Taiwan dikirim ke China dan Jepang.

Hal inilah yang memicu penyanyi asal Taiwan bernama Fanny Liu untuk menulis kalimat sindiran tentang nanas.

Dilansir dari Taiwan News (06/03), Fanny mengunggah sebuah video di situs media sosial China, Douyin, tentang perseteruan buah nanas ini.

"Saya akan pergi ke toko buah di Taiwan untuk membeli nanas," tulisnya lengkap dengan foto-foto buah nanas asal Taiwan.

Tak butuh berapa lama, video itu langsung diturunkan dan diblokir oleh media sosial Douyin.

Fanny menyebutkan bahwa pihak Douyin menghapus videonya tentang nanas karena melanggar peraturan dan kebijakan yang berlaku di sana.

Sebut Mau Jajan Nanas Taiwan, Penyanyi Ini Diblokir dari Media Sosial ChinaSebut Mau Jajan Nanas Taiwan, Penyanyi Ini Diblokir dari Media Sosial China Foto: Taiwan News

Tak hanya menulis bahwa dia akan jajan buah nanas asal Taiwan, Fanny juga menyindir kebijakan China yang menurutnya justru memberikan efek positif untuk tanah kelahirannya, Taiwan.

Menurutnya dengan larangan perdagangan nanas ini warga Taiwan bisa menyantap nanas lokal sepuasnya.

Tak sampai di sana, setelah menurunkan postingan dan videonya, akun Fanny di Douyin juga dihapus secara tiba-tiba. Dia lalu pindah ke situs Weibo untuk mengabarkan bahwa akunnya kembali dihapus.

"Akun media sosial saya di Douyin dihapus lagi," ungkapnya. Tapi hal itu tidak membuatnya jera, karena ia langsung membuat akun Douyin baru untuk berkomunikasi dengan penggemarnya.

Banyak netizen Taiwan yang mendukung aksi Fanny.

Sebut Mau Jajan Nanas Taiwan, Penyanyi Ini Diblokir dari Media Sosial ChinaSebut Mau Jajan Nanas Taiwan, Penyanyi Ini Diblokir dari Media Sosial China Foto: Taiwan News

"Betul, karena China melarang nanas kita. Sekarang orang-orang di Taiwan bisa makan nanas sepuasnya," komen netizen.

"Astaga sensitif sekali. Padahal Fanny hanya bilang dia mau jajan nanas dari Taiwan hahaha," sindir netizen lainnya.

Permasalahan makanan yang membuat hubungan dua negara memanas seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya warga China juga sempat berdebat dengan warga Korea Selatan tentang kepemilikan hidangan Kimchi.

Baca Juga: YouTuber Kehilangan 10 Ribu Subscriber Usai Akui Kimchi Bukan dari China



Simak Video "Bikin Laper: Lembutnya Kebab Sapi Jumbo 1 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com