5 Makanan yang Diproduksi di China Ini Disebut Berbahaya

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 06 Mar 2021 14:00 WIB
rambut jagung Foto: iStock
Jakarta -

China dikenal punya berbagai komoditi dan makanan yang diimpor ke berbagai negara. Ternyata ada beberapa makanan asal China yang disebut berbahaya.

Banyak produk asal China yang dijual di seluruh dunia. Tak hanya benda-benda sehari-hari saja, tapi makanan pun banyak yang diimpor langsung dari China.

Akan tetapi beberapa makanan ini mengandung banyak bahan kimia hingga pestisida yang berbahaya untuk kesehatan. Mulai dari jagung yang disebut mengandung siklamat dan ditambahkan oleh penjual agar warnanya lebih kuning.

Kemudian ada juga ginseng asal China yang dikirim ke berbagai negara. Ternyata ginseng ini mengandung beberapa senyawa kimia yang berbahaya jika dikonsumsi tubuh.

Dilansir dari Better Be (05/03), berikut lima makanan produksi China yang disebut berbahaya.

Baca Juga: 10 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat Berbahaya

1. Jagung

Closeup image of a woman holding and showing sweet cornSweet corn Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

Jagung merupakan salah satu produk pangan yang banyak diekspor China ke berbagai negara. Tapi sayangnya masih banyak petani hingga produsen nakal, yang menambahkan senyawa kimia ke dalam produk jagung mereka.

Menurut Better Be, banyak produsen jagung di China yang menambahkan siklamat. Zat ini digunakan untuk menambah kecerahan warna kuning pada jagung, sekaligus membuat rasanya menjadi lebih manis.

Sayangnya kandungan siklamat ini cukup beracun, apalagi jika dikonsumsi dalam porsi yang banyak. Bahkan siklamat sendiri penggunaannya sudah dilarang di Amerika Serikat. Tapi masih legal di beberapa negara.

2. Ginseng

teh ginsengteh ginseng Foto: iStock

Sering digunakan sebagai obat hingga ramuan untuk kesehatan. Kebanyakan ginseng yang beredar di Amerika Serikat dan negara lainnya berasal dari China.

Meski dilabeli sebagai obat atau produk kesehatan, gingseng impor ini belum tentu sehat dan aman dikonsumsi. Hal ini dijelaskan oleh ogranisasi Greenpeace yang menguji kualitas gingseng dari China.

Mereka menemukan ada beberapa pestisida hingga kimia berbahaya dalam jumlah besar, di setiap produk ginseng dari sana. Bahkan satu akar ginseng tidak hanya mengandung satu zat kimia saja, melainkan banyak kimia yang bisa merusak tubuh manusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Galendo, Makanan Khas Ciamis Terbuat dari Saripati Minyak Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com