Unik! Restoran Ini Bakar Sushi Pakai Solder Listrik

Riska Fitria - detikFood Kamis, 04 Mar 2021 18:30 WIB
Unik! Restoran Ini Bakar Sushi Pakai Solder Listrik Foto: Twitter @ryu_hamasaki
Jakarta -

Bukan pakai blow torch, restoran sushi di Jepang ini membakar sushi dengan menggunakan solder listrik. Videonya pun viral di media sosial.

Biasanya untuk memberikan aroma asap atau lelehan lumer pada makanan, makanan tersebut dibakar menggunakan blow torch atau semburan api yang ditiupkan lewat tabung gas. Cara tersebut juga sering dipakai oleh restoran sushi kebanyakan.

Namun, berbeda dengan restoran sushi yang ada di Jepang ini. Alih-alih menggunakan blow torch, mereka justru menggunakan solder listrik yang biasa digunakan untuk merakit alat elektronik.

Baca Juga : Viral Kisah Netizen Kaget Makan Sushi, Tagihannya Rp 4,9 Juta!

Unik! Restoran Ini Bakar Sushi Pakai Solder ListrikUnik! Restoran Ini Bakar Sushi Pakai Solder Listrik Foto: Twitter @ryu_hamasaki/iStock

Restoran tersebut bernama Sushi no Kura yang berada di Sapporo, Hokkaido. Restorannya menjadi viral karena chef di sana membakar sushi menggunakan solder listrik, lapor Soranews24 (03/03).

Aksi koki tersebut direkam oleh Ryu Hamasaki dan mengunggahnya di akun Twitternya @ryu_hamasaki. Video unggahannya memperlihatkan sang koki dengan teliti menekan ujung solder sepanjang permukaan cumi-cumi.

Menurut koki, alat solder listrik tersebut memberikan kontrol yang lebih besar terhadap suhu dan arah daripada alat pemanggang seperti torch. Cara tak biasanya itu membuka netizen bertanya-tanya.

Unik! Restoran Ini Bakar Sushi Pakai Solder ListrikUnik! Restoran Ini Bakar Sushi Pakai Solder Listrik Foto: Twitter @ryu_hamasaki/iStock

Apakah aman jika makanan yang dipanggang menggunakan solder listrik? Mengingat alat tersebut terbuat dari timah dan biasa digunakan untuk merakit alat-alat elektronik.

Namun, produsen besi solder Taiyo Denki Sangyo menegaskan bahwa solder itu bebas timbal atau unsur kimia yang ada pada solder. Ujung solder tersebut terbuat dari logam seperti timah, perak dan tembaga.

Solder tersebut juga telah digunakan selama 10 tahun terakhir. Lewat sebuah unggahan di Facebook, restoran sushi itu mengeluarkan pernyataan sebagai tanggapan dari kekhawatiran pengunjung akan kesehatan.

Mereka menyebut bahwa para ahli telah mengonfirmasi tidak ada masalah dengan manajemen kebersihan mereka. Selain itu, pada bagian ujung solder juga telah dialihkan dari besi ke baja tahan karat.

Unik! Restoran Ini Bakar Sushi Pakai Solder ListrikUnik! Restoran Ini Bakar Sushi Pakai Solder Listrik Foto: Twitter @ryu_hamasaki/iStock

Hal tersebut juga membuat Local Food Sanitation angkat bicara. Kepala Central Health Centre di Sapporo mengatakan bahwa ujung solder terbuat dari besi bukan timbal.

"Solder yang digunakan untuk membuat atau memperbaiki bagian peralatan atau wadah dan kemasan yang bersentuhan dengan makanan tidak boleh mengandung lebih dari 0.2% timah," ujarnya.

Oleh karena itu tidak ada masalah atas penggunaan metode membakar sushi menggunakan solder. Lebih lanjut, Restoran Sushi no Kura pun diberi izin untuk melanjutkan metode tersebut.

Baca Juga : Nyam! Begini Cara Bikin Sushi di Rumah, Rasanya Tak Kalah dengan Restoran



Simak Video "Masak Masak: Tips Nasi Pulen untuk Bikin Sushi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya