Cara Menggoreng Telur Mata Sapi Tanpa Minyak, Cukup Pakai Air!

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 02 Mar 2021 06:00 WIB
Cara Memasak Telur Mata Sapi Tanpa Minyak, Diganti dengan Air! Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina
Jakarta -

Telur mata sapi adalah olahan telur favorit di dunia. Ada cara memasak telur mata sapi untuk mendapat tampilan yang lebih cantik dan sehat. Seperti ini rahasianya.

Telur merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan dikreasikan menjadi beragam hidangan. Umumnya, orang-orang akan memasak telur dengan cara digoreng atau direbus.

Beberapa olahan telur favorit adalah telur mata sapi, telur dadar, ataupun telur rebus. Khusus untuk telur mata sapi, ada cara memasak dari chef yang bisa kamu praktikkan.

Hasil telurnya lebih cantik dan konon lebih sehat karena tidak mengandung banyak lemak dan kalori. Tekniknya seperti menggabungkan teknik merebus dan menggoreng menjadi satu.

Mengutip dari Today (20/2), seorang koki Food Network, Michael Scipione membagikan teknik memasak telur tersebut. Kunci dari teknik ini adalah menggunakan air saat menggoreng telur.

Baca Juga: Chrissy Teigen Berikan Tips Bikin Telor Ceplok yang Lembut Enak

Cara Memasak Telur Mata Sapi Tanpa Minyak, Diganti dengan Air!Cara Memasak Telur Mata Sapi Tanpa Minyak, Diganti dengan Air! Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina

Mungkin kedengarannya cukup aneh dan tak terbayangkan. Tetapi cara ini diklaim berbeda, lebih sehat dan tak kalah nikmat dengan telur mata sapi pada umumnya.

Telur mata sapi yang sempurna sebenarnya tergantung selera penikmatnya, tetapi secara umum, kriteria telur ini adalah yang putihnya masih menyatu dengan baik, kuning telurnya tidak pecah, dan keduanya terlihat dalam posisi yang rapi.

Teknik menggoreng telur ala Scipione mengganti penggunaan minyak dengan air. Pertama, siapkan sekitar 8 mililiter air dan 1 sendok teh (sdt) cuka putih. Didihkan air dan cuka. Tambahkan sejumput garam setelah campuran tersebut mendidih.

Setelah air siapkan telur. Pecahkan telur dan letakkan dalam mangkuk atau wadah. Masukkan telur ke dalam wajan secara perlahan. Jika ingin menggunakan teknik ini, jangan masak lebih dari 2 telur secara bersamaan karena hasilnya tidak akan sempurna.

Cara Memasak Telur Mata Sapi Tanpa Minyak, Diganti dengan Air!Cara Memasak Telur Mata Sapi Tanpa Minyak, Diganti dengan Air! Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina

"Ini menstimulasikan telur goreng," kata Scipione. Biarkan telur mendidih selama 2 - 4 menit sesuai dengan kematangan yang diinginkan. Kalau ingin kuningnya pasti matang, sirami bagian kuning telur dengan air cuka tadi. Saat memasak, jangan mengaduk air atau membalikkan telur agar hasilnya telur tetap berbentuk sempurna.

Setelah sampai pada kematangan yang cukup, angkat telur dengan spatula secara perlahan. Telur yang dimasak dengan teknik ini tidak perlu ditiriskan seperti digoreng dengan minyak. Air akan tiris dengan sendirinya dari telur.

Telur ini bisa ditambahkan pada avocado french toast. Agar lebih mudah, telur juga bisa dimakan langsung tanpa tambahan.

Baca Juga: Telur Goreng Sering Gosong? Coba Ikuti Tips Chef Ini



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Telur Barendo "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com