Chrissy Teigen Berikan Tips Bikin Telor Ceplok yang Lembut Enak

Riska Fitria - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 06:00 WIB
Chrissy Teigen bagikan tutorial bikin telur ceplok Foto: iStock
Jakarta -

Melalui unggahan di Twitter, Chrissy Teigen membagikan cara bikin telur sunny up atau telur ceplok untuk menu sarapan. Caranya mudah!

Mudah untuk membuat olahan telur sunny side up. Olahan telur ini dikenal dengan sebutan telur ceplok atau telur mata sapi. Biasanya olahan telur ini menjadi pelengkap nasi goreng, nasi putih, sandwich atau bisa juga dimakan langsung.

Telur ceplok biasa dijadikan menu sarapan praktis karena cara membuatnya yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Untuk membuatnya kamu bisa meniru cara yang dibagikan oleh mantan model, Chrissy Teigen melalui Twitternya (25/08).

Chrissy Teigen bagikan tutorial bikin telur ceplokChrissy Teigen bagikan tutorial bikin telur ceplok Foto: iStock

Baca Juga : Populer Sebagai Menu Sarapan, 5 Mitos Soal Telur Ini Masih Dipercaya

Kali ini, Chrissy Teigen membuat telur ceplok menggunakan 2 butir telur ayam. Pertama, pecahkan dua telur ke dalam wadah. Taruh sedikit minyak minyak zaitun dalam wajan anti lengket lalu putar merata ke seluruh permukaan wajan. Panaskan dengan api sedang. Kemudian goreng dua telur yang sudah dipecahkan.

Tambahkan garam secukupnya dan masak hingga matang. Nah, untuk tingkat kematangan bisa disesuaikan dengan selera. Telur ceplok buatan Chrissy Teigen tersebut tampak cantik dan tidak lengket dan kuning telurnya masih setengah matang.

Tips menggoreng telur ini mendapat sambutan dari netizen. Ada yang setuju karena sering menggoreng telur dengan minyak zaitun. Tetapi ada juga yang menggoreng dengan mentega.

Chrissy Teigen bagikan tutorial bikin telur ceplokChrissy Teigen bagikan tutorial bikin telur ceplok Foto: iStock

"Saya selalu masak telur dengan minyak dan itu enak," tulis netizen lainnya.

"Kalau saya boleh kasih tahu, itu terasa seperti kotoran dengan minyak zaitun. Kesalahan pemula. Gunakanlah mentega," tulis netizen.

Baik menggunakan minyak goreng atau mentega, keduanya menghasilkan telur goreng yang berbeda rasanya. Lalu mana yang lebih baik digunakan untuk menggoreng telur? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Chrissy Teigen bagikan tutorial bikin telur ceplokChrissy Teigen bagikan tutorial bikin telur ceplok Foto: iStock

Jika menggunakan minyak goreng bisa menambah kalori pada sajian ceplok. jika ingin lebih sehat, kamu bisa memilih minyak zaitun sebagai alternatif. Sementara jika menggunakan mentega bisa menambah rasa dan aroma yang lebih baik.

Namun, ada juga yang pernah mencoba dengan mencampurkan minyak goreng dan mentega, seperti yang dikutip dari Chowhound (18/06).

"Saya memanaskan minyak, lalu mengaduknya dengan mentega sebelum memasukkan telur. Minyak membuat pinggiran telur menjadi renyah dan kering berenda bagus. Sementara mentega dapat menambah aroma dan rasa," ujarnya.

Baca Juga : 5 Olahan Telur Untuk Sarapan Paling Populer di Dunia



Simak Video "Variasi Nasi Ceplok dan Dadar Kuah Spesial ala Nasi Mamak"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)