Telur Goreng Sering Gosong? Coba Ikuti Tips Chef Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 20 Agu 2018 04:32 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Biasanya telur diolah dengan cara diceplok, dadar, orak-arik atau direbus. Chef dati Australia ini punya tips untuk memasak telur dengan sempurna.

Telur merupakan makanan yang mudah diolah, maka tak jarang banyak dipilih untuk sarapan di pagi hari. Dan telur goreng yang paling sering dikonsumsi. Namun, tahukah Anda bagaimana cara untuk mendapatkan telur goreng yang matang sempurna?

Chef terkenal sekaligus penulis makanan di Autralia, Curtis Stone, membagikan tipsnya dalam mengolah telur goreng klasik. Menurut buku miliki Richard Cornish yang berjudul 'Good Food Australia', rahasia untuk mendapatkan telur goreng yang sempurna adalah dengan menutup wajannya ketika dimasak.

"Penggorengan menghasilkan panas dari dasar wajan dan lemak membuat telur menempel di wajan tersebut ketika menambahkan bumbu di atasnya," tulisnya.

Telur Goreng Sering Gosong? Coba Ikuti Tips Chef IniFoto: Istimewa
Baca juga : 5 Trik Ini Bisa Bikin Masak Jadi Lebih Cepat dan Mudah

Dengan menutup wajan dengan tutup ketika wajan mendesis, panas yang dipantulkan bisa memasak telur pada bagian atas. Dalam sebuah demonstrasi untuk supermarket terbesar di Australia, chef selebriti yang bernama Custis Stone menunjukkan trik yang unik dalam memasak telur.

Chef Stone memulai dengan menggoreng bacon di atas wajan. Kemudian dia mengangkat bacon tersebut, dan meninggalkan lelehan minyak dari bacon yang berkerak di wajan. Tapi menurutnya itu tempat yang sempurna untuk memasak telur.

"Masukkan telur Anda perlahan ke dalam wajan , cobalah untuk menaruhnya di sisi berbeda. Tidak masalah jika telur tersebut menempel sedikit, asalkan tidak sepenuhnya menyatu," ujarnya.

Telur Goreng Sering Gosong? Coba Ikuti Tips Chef IniFoto: Istimewa
Stone juga mengatakan hal yang paling penting untuk dingat adalah tidak memenuhi wajan dengan memasak terlalu banyak telur. Di beberapa bagian di Eropa, orang sering memasak dengan menggunakan mentega.

Stone mengambil setengah sendok mentega yang sudah leleh dari wajan, lalu dituangkan ke atas telur untuk mematangkan bagian atasnya. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa membalik telur masak dengan perlahan dan sambil melindungi bagian kuning telur agar tidak hancur.

Baca juga : Ini Trik Masak Salmon Agar Rasanya Gurih Juicy



Tonton juga video 'Tips dan Trik: Telur Goreng Jagung Sosis'

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)