Meski Kontras Rasanya, Paduan Makanan Manis dan Pedas Digemari Orang

Devi Setya - detikFood Senin, 01 Mar 2021 16:30 WIB
makanan super pedas Foto: iStock
Jakarta -

Rasa manis biasa hadir untuk dessert, sementara makanan pedas untuk sajian utama. Tapi ternyata makanan dengan paduan manis dan pedas bikin orang ketagihan.

Rasa yang terdeteksi pada lidah akan langsung dikirimkan ke otak dan membuat seseorang bereaksi. Usai makan makanan manis, biasanya orang akan merasa bahagia, sementara ketika makan makanan pedas cenderung merasa gelisah dan panik. Namun paduan makanan manis dan pedas ternyata menghasilkan rasa baru yang unik dan digemari orang.

Dilansir dari Insider (26/2) paduan rasa makanan yang saling kontras ini ternyata sudah banyak dilakukan. Bahkan tercatat, orang-orang suku Aztec sudah mencampur minuman cokelat dengan cabai.

Apa Benar Makan Cabai Bisa Atasi Disfungsi Ereksi? Meski Kontras Rasanya, Paduan Makanan Manis dan Pedas Digemari Orang Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk


"Rasa makanan adalah pengalaman sensorik yang luar biasa," kata Brittany Towers, seorang ilmuwan makanan yang berbasis di Chicago. "Kami benar-benar menggunakan sebagian besar indra ketika makan : penglihatan, penciuman, suara, dan tentu saja, rasa. Sebagian besar dari kami belajar bahwa lidah bukan hanya membuat kami bisa merasakan manis, asin, pahit, asam dan umami, tapi mengolah rasa lebih dari itu."

Tak dapat dipungkiri, rasa makanan sangat berhubungan dengan segala aspek indera. Sebut saja misalnya kita makan saat hidung tersumbat, tentu rasa makanan akan terasa jadi kurang enak. Demikian juga pengaruhnya pada makanan dengan paduan rasa pedas dan manis.

Saat ini terbukti, semakin banyak orang yang suka makan makanan pedas dan manis sekaligus. Tak heran kalau kini ada produk madu rasa cabai atau saus cabai dengan rasa manis. Orang-orang juga cenderung makan makanan manis dengan bumbu tambahan rasa pedas.

"Paduan rasa yang aneh ini tergantung komposisinya. Dengan manis dan pedas, tubuh kita memproses bumbu melalui reseptor di indra perasa. Makanan pedas menghadirkan sensasi hangat dan terbakar, bahkan bisa membuat Anda berkeringat. Sementara makanan manisnya hadir untuk mengimbangi rasa pedas ini," beber Tower.

Ada beberapa paduan makanan manis dan pedas yang terkenal saat ini, beberapa diantaranya Mexican hot chocolate, permen jelly cabai, mango salsa, margarita jalapeno dan saus pedas manis. Semua makanan ini terbukti disukai banyak orang.

Tapi jika dibahas secara logika, makanan pedas memang dengan mudah bisa ditawarkan saat menyantap makanan manis. Misalnya lidah terasa terbakar saat makan cabai, maka obat penawarnya yakni susu yang rasanya manis.

"Jika Anda merasa penasaran dengan rasa makanan pedas namun tak terbiasa menyantapnya. Cobalah sediakan susu. Cara ini efektif untuk menghilangkan rasa terbakar di lidah dalam waktu cepat," pungkas Tower.



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com