Minyak Zaitun Diklaim Sebagai Lemak Paling Sehat di Dunia, Ini Alasannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 02 Mar 2021 18:00 WIB
olive tree branch dipped in bowl of olive oil Foto: iStock

4. Menjaga kesehatan lambung

Sebuah penelitian yang melibatkan 7.447 responden menunjukkan, meminum 4 sendok teh minyak zaitun setiap hari, berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30%. Kandungan asam oleat ada minyak zaitun disebut-sebut mampu menjaga kesehatan jantung.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan bahwa minum minyak zaitun bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Sementara kandungan oleocanthal, memiliki sifat antiperadangan. Hal ini membuat minyak zaitun dipercaya bisa memberikan efek pereda nyeri.

5. Meredakan sembelit

Apakah Kopi Bisa Mengatasi Sembelit? Berikut FaktanyaMinyak Zaitun Diklaim Sebagai Lemak Paling Sehat di Dunia, Ini Alasannya Foto: Getty Images/iStockphoto/yipengge

Mengonsumsi minyak zaitun dipercaya bisa meredakan sembelit. Dalam sebuah penelitian selama 4 minggu, pada 50 pasien yang melakukan cuci darah (hemodialisis) meminum 1 sendok teh (4 ml) minyak zaitun. Hasilnya, sembelit mereka mereda dan menghasilkan feses yang lebih lunak.

Cara ini bukan berarti anjuran untuk minum minyak zaitun secara rutin. Kamu juga perlu mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran. Sebagai alternatif, kamu bisa menjadikan minyak zaitun sebagai dressing pada salad.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com