5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 14 Feb 2021 08:00 WIB
Fruit smoothie with mint leaves on wooden rustik table Foto: iStock
Jakarta -

Makanan sehat tidak berarti bisa dikonsumsi sebanyak-banyaknya. Sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Seperti makanan sehat ini yang sering dikonsumsi berlebihan.

Saat melakukan diet, orang sebisa mungkin akan makan makanan sehat sebanyak-banyaknya. Tetapi, tetap saja, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan menjadi baik.

Makanan sehat sekalipun masih mengandung kalori. Meskipun dalam jumlah yang rendah, kalori ini etap perlu diperhatikan dan dihitung agar tidak berlebihan dan menggagalkan diet.

Menurut ahli gizi Melissa Meier, ada beberapa makanan sehat yang seringkali dikonsumsi secara berlebihan. Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut yang seringkali membuat diet tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Berikut ini 7 makanan sehat yang sering dikonsumsi secara berlebihan menurut Body+Soul (4/2):

1. Alpukat

5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan Foto: Getty Images/iStockphoto/gradyreese

Alpukat merupakan salah satu bahan makanan super yang dikenal akan manfaat sehatnya. Alpukat mengandung lemak sehat yang tidak berdampak buruk bagi jantung.

Alpukat juga memiliki serat yang baik untuk pencernaan serta antioksidan berupa vitamin E. Alpukat menjadi makanan sehat yang mengandung 400 kalori per buahnya.

Jumlah kalori yang terdapat dalam sebuah alpukat cukup untuk digunakan tubuh menjadi bahan bakar metabolisme. Bahkan jika dibandingkan dengan kalori berimbang untuk penurunan berat badan, sebuah alpukat telah memenuhi 1/3 bagian dari batasan kalori harian. Hindari mengonsumsi alpukat berlebih supaya asupan kalori harian juga tak melonjak.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Sehat Berlebihan Justru Bikin Tubuh Jadi Gemuk

2. Buah Kering

Tidak segar bukan berarti tidak baik. Buah kering juga menjadi salah satu makanan sehat yang bisa menjadi asupan buah dalam menu diet.

Dibandingkan dengan buah segar, buah kering memiliki kandungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar. Tetapi, menghitung buah kering tidak sama dengan menghitung buah segar.

Jumlah buah kering yang direkomendasikan per hari sebanyak segenggam tangan atau seberat 30 gram. Ukuran ini dinilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com