10 Sumber Vitamin E Tertinggi Bisa Didapatkan dari Alpukat hingga Bayam

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 25 Feb 2021 06:00 WIB
Ilustrasi alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula
Jakarta -

Sumber vitamin E bisa didapat dengan mudah dari makanan. Vitamin E merupakan vitamin larut lemak dengan kandungan antioksidan tinggi.

Vitamin E yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu menetralkan radikal bebas dan merusak struktur yang mengandung lemak. Mengonsumsi makanan sumber vitamin E bahkan dapat membantu mencegah stres oksidatif.

Tak hanya itu, vitamin E juga bermanfaat untuk memfasilitasi kesehatan otot, asupan vitamin E, bermanfaat bagi rambut, penglihatan dan kekebalan tubuh. Vitamin E juga dapat melindungi tubuh terhadap penyakit kanker, kerusakan hati, kerusakan ginjal dan bahkan degenerasi makula yaitu kerusakan mata terkait usia.

Kacang-kacangan, biji-bijian dan beberapa minyak cenderung mengandung vitamin E paling banyak per porsinya. Beberapa sayuran berwarna hijau tua, buah-buahan dan beberapa jenis seafood juga mengandung vitamin E.

Berikut ini beberapa sumber vitamin E yang bisa didapatkan dari makanan:

1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari bisa menjadi camilan yang enak. Kamu juga bisa menaburkannya pada yogurt, oatmeal atau salad. Satu porsi biji bunga matahari seberat 100 gram mengandung 35,17 mg vitamin E.

Biji bunga matahari dikemas dengan berbagai nutrisi dan dapat membantu seseorang mendapatkan cukup serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. 100 gram biji bunga matahari mengandung 8,6 gram serat, 20,78 gram protein, 645 mg kalium, 325 mg magnesium dan 5 mg zinc.

2. Kacang almond

Untuk setiap 100 gram porsi almond ada 25,63 mg vitamin E. Kamu bisa mengonsumsi almond panggang, menambahkan sereal dan minum susu almond tanpa tambahan gula.

Kacang almond juga mengandung 21,15 gram protein, 12,5 gram serat, 733 mg kalium dan 270 mg magnesium.

3. Kacang tanah

Dikutip dalam Medical News Today, kacang tanah juga menjadi salah satu camilan populer. Ada 4,93 mg vitamin E dalam 100 gram porsi kacang panggang kering. Selain itu, kacang tanah juga mengandung 24,35 gram protein, 8,4 gram serat, 634 mg kalium dan 14,355 mg niacin.

4. Alpukat

Sumber vitamin E tertinggi untuk kulit bisa didapatkan dari buah alpukat. Buah ini mengandung banyak nutrisi. Dalam 100 gram buah alpukat terdapat 2,07 mg vitamin E.

Dengan porsi ukuran yang sama juga mengandung 10 mg vitamin C sehingga menjadikan buah alpukat menyehatkan dan bisa jadi camilan sehat. Buah alpukat mengandung kalium lebih banyak dibandingkan dengan pisang.

5. Bayam

Dalam NDTV, sayur bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang paling sehat. Bayam mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, terutama vitamin E. Hanya setengah cangkir bayam memiliki 16 persen kebutuhan harian vitamin E.

Konsumsi bayam paling enak ketika diolah dengan campuran salad atau memasak bayam dengan cara mengukus agar kandungan zat gizinya tidak berkurang banyak.

6. Minyak

Sumber vitamin E ada pada beberapa jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari dan minyak biji gandum. Satu sendok makan minyak biji gandum dapat menampung 100 persen asupan harian vitamin E kamu. Satu sendok makan minyak canola mengandung 12 persen dari nilai harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Hazelnut

Sumber vitamin E yang sangat baik lainnya adalah hazelnut. Hazelnut mengandung 21 persen dari nilai vitamin E harian yang direkomendasikan setiap hari serta ada kandungan protein, vitamin A dan vitamin C. Hazelnut kaya akan asam folat dan membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat.

8. Udang

Udang tidak hanya mengandung protein tetapi juga jadi sumber vitamin E, vitamin D, vitamin B12, vitamin B3, selenium dan tembaga. Udang enak diolah dengan cara direbus atau dicampur dengan salad. Bisa juga diolah dengan tambahan sayuran dan dimasak dengan cara ditumis.

9. Asparagus

Asparagus merupakan kombinasi unik dari sifat anti inflamasi serta mengandung vitamin C, betakaroten, zinc, mangan dan selenium. Asparagus juga dapat menyehatkan sistem pencernaan dan membantu mengatur gula darah.

Kamu dapat membuat telur dadar dengan campuran asparagus dan dicampurkan dengan pasta.

10. Brokoli

Brokoli merupakan sumber protein yang baik dan menjadi salah satu sayuran sumber vitamin E. Brokoli juga mengandung sifat anti kanker, ,menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan merupakan salah satu makanan detoks terbaik.

Kamu dapat menambahkan brokoli ke dalam sup atau salad. Untuk menjaga kandungan nutrisinya, kamu bisa memasak brokoli dengan suhu yang rendah sebagai sumber vitamin E dalam makanan.



Simak Video "Masak Masak: Resep Dragon Fruit Bowl"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com