Minyak Zaitun Diklaim Sebagai Lemak Paling Sehat di Dunia, Ini Alasannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 02 Mar 2021 18:00 WIB
olive tree branch dipped in bowl of olive oil Foto: iStock

2. Memasak dengan minyak zaitun

Tidak semua makanan bisa dimasak menggunakan minyak zaitun. Jika salah pemakaian saat memasak, kamu akan kehilangan nutrisi minyak zaitun pada masakan. Saat dipanaskan, asam lemak dapat teroksidasi sehingga merusak struktur alami dalam minyak zaitun.

Minyak zaitun bisa digunakan untuk teknik masak cepat misalnya menumis. Para ahli menyarankan untuk tidak menjadikan minyak zaitun untuk menggoreng makanan yang membutuhkan suhu tinggi dan proses waktu lama.

3. Mitos minum minyak zaitun

Minyak zaitunMinyak Zaitun Diklaim Sebagai Lemak Paling Sehat di Dunia, Ini Alasannya Foto: iStock

Sudah lama orang-orang di kawasan Mediterania punya kebiasaan meminum minyak zaitun. Setiap hari sekitar 60 mililiter minyak zaitun diteguk dengan alasan untuk menjaga kesehatan dan menyehatkan lambung.

Minyak zaitun juga jadi pilihan bagi mereka yang berniat menurunkan berat badan. Namun faktanya, belum ada penelitian resmi yang mengungkap manfaat minum minyak zaitun.

Sebuah penelitian yang diikuti 523 wanita menunjukkan, mengonsumsi 18 gram atau 20 ml minyak zaitun per harinya, dapat meningkatkan kepadatan tulang. Minyak ini dijadikan campuran dalam berbagai makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com