Minyak Zaitun Diklaim Sebagai Lemak Paling Sehat di Dunia, Ini Alasannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 02 Mar 2021 18:00 WIB
olive tree branch dipped in bowl of olive oil Foto: iStock
Jakarta -

Sudah lama minyak zaitun dikenal dengan segudang manfaatnya. Banyak ahli bahkan menyatakan minyak zaitun sebagai lemak paling sehat di dunia.

Sangat banyak jenis minyak yang digunakan masyarakat sebagai bahan olahan masakan. Secara umum, jenis minyak atau lemak dibedakan menjadi dua berdasarkan asal usulnya yakni nabati dan hewani. Satu lemak nabati yang cukup populer adalah minyak zaitun.

Dilansir dari Healthline (26/2), banyak orang setuju bahwa minyak zaitun sangat sehat, khususnya jenis ekstra virgin olive oil. Sebagai bagian dari makanan Mediterania, minyak ini telah menjadi bagian makanan pokok paling sehat di dunia.

Sebuah studi menunjukkan bahwa asam lemak dan antioksidan dalam minyak zaitun menawarkan beberapa manfaat kesehatan, salah satunya penurunan risiko penyakit jantung. Minyak yang diperoleh dari buah zaitun ini diproses secara sederhana dengan memeras buah zaitun untuk kemudian diekstrak minyaknya.

Di pasaran, ada dua jenis minyak zaitun yang bisa dijumpai yakni minyak zaitun biasa dan minyak zaitun ekstra virgin atau ekstra virgin olive oil. Jenis ekstra virgin olive oil punya harga lebih mahal karena sedikit mengalami proses pemurnian. Minyak ini juga melewati standarisasi ketat serta memiliki kualitas sensorik tertentu seperti rasa dan bau.


Berikut beberapa alasan mengapa minyak zaitun diklaim sebagai lemak terbaik di dunia.

1. Kandungan minyak zaitun


Secara alami minyak zaitun mengandung antioksidan fenolik, yang merupakan nutrisi utama. Minyak ini juga mengandung sejumlah vitamin E dan K serta banyak asam lemak penting.

Satu sendok makan (13,5 gram) minyak zaitun mengandung 14% lemak jenuh, 73% lemak tak jenuh tunggal. Kemudian ada juga kandungan berbagai vitamin. Antioksidan aktif dalam minyak zaitun secara alami dapat membantu melawan penyakit kardiovaskular.

Minyak zaitun juga mengandung Omega 6 dan omega 3 dalam jumlah tinggi. Dan yang terpenting, minyak zaitun dalam porsi tertentu aman dikonsumsi para penderita kolesterol.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com