Apa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 Faktanya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 01 Mar 2021 08:00 WIB
Apa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson
Jakarta -

Mencukupi kebutuhan tubuh akan air penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Berikut ini ada fakta-fakta yang harus kamu ketahui jika minum 3 liter air per hari.

Seperti nutrisi, kebutuhan tubuh akan air mineral harus diperhatikan kecukupannya. Kebutuhan air yang tercukupi akan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kebutuhan air yang tercukupi juga menjadi salah satu cara agar organ tubuh tetap berfungsi normal. Selain dari minuman, asupan air juga dipengaruhi oleh makanan sebesar 20%.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, jumlah kebutuhan air pada tubuh orang dewasa yang harus dicukupi setidaknya 8 gelas ukuran 230 mililiter atau setara dengan 2 liter. Tetapi apa yang bisa terjadi jika minum air berlebihan?

Menurut Byrdie (22/2) 5 fakta berikut akan terjadi jika kamu minum air sebanyak 3 liter per hari.

1. Lonjakan Metabolisme

"Jika tubuh manusia mengonsumsi 473 mililiter air dalam 1 jam, metabolisme tubuh akan meningkat sebesar 30% selama 30 - 40 menit ke depan. Berkomitmen untuk minum air setengah dari berat tubuh, diakui oleh para peneliti akan menurunkan berat badan lebih banyak," kata Heidi Powell.

Dalam tubuh manusia, ada sebuah enzim yang bernama lipase. Enzim ini berfungsi untuk memobilisasi lemak ke seluruh tubuh.

Air, selain diperlukan untuk hidrasi dan menjalankan fungsi tubuh juga dibutuhkan untuk mengaktifkan enzim lipase.

2. Olahraga Meningkatkan Sel Tubuh

Apa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 FaktanyaApa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson

Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi merupakan dampak yang paling negatif pada olahraga, khususnya latihan ketahanan. Hidrasi tubuh yang cukup akan membantu memaksimalkan efek olahraga terhadap tubuh.

Baca Juga: 7 Cara Minum Air Agar Kebutuhan Air Harian Terpenuhi

"Air adalah kunci untuk sel-sel yang sehat dan berfungsi dengan baik. Jadi, minum yang cukup akan membantu peningkatan sel-sel melalui olahraga," kata Griffin.

Tetapi meminum air terlalu banyak sebelum olahraga dapat mengganggu dan membuat tubuh bergerak lebih lambat. Sebaiknya minum segelas air pada 30 - 20 menit sebelum olahraga dimulai dan sedikit tegukan saat berolahraga.

3. Tidak Menghilangkan Keriput

"Keriput disebabkan oleh kerusakan DNA dari sinar UV. Air minum tidak akan mengatasi permasalahan ini dan tingkat hidrasi kulit sangat sedikit hubungannya dengan air minum," kata Renee Rouleau.

Walaupun tidak memberikan efek yang signifikan untuk mengatasi keriput. Air memiliki peran penting untuk menjaga kelembaban kulit.

Sedangkan jika permasalahan keriput yang ingin diatasi, beberapa perawatan perlu dilakukan. Seperti exfoliasi, penggunaan retinol, pelembab dan rutin menggunakan masker wajah.

4. Mengatasi Mata Sembab

Mata sembab bukan hanya diakibatkan dari nangis semalaman. Makan-makanan tinggi natrium di malam hari dan tidak mencukupi hidrasi tubuh juga akan membuat mata menjadi terlihat sembab.

"Baik makan makanan tinggi natrium di malam hari dan tidak minum jumlah air yang memadai pasti menyebabkan mata kelebihan cairan dari mata normal," kata Rouleau.

Selain menghindari banyak konsumsi natrium di malam hari, memperhatikan kecukupan dehidrasi tubuh juga penting untuk mencegah mata agar tidak sembab. Minum air putih benar-benar terbukti dapat mengatasi mata sembab sama halnya dengan melembabkan kulit.

5. Mengurangi Kalori yang Tidak Penting

Apa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 FaktanyaApa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson

Minum cukup air dan mengonsumsi makanan tinggi air dapat mencegah keinginan untuk makan makanan manis secara berlebihan. Misalnya seperti konsumsi semangka yang mengandung 93% air sebagai camilan.

"Tanpa garam, air akan membantu motilitas usus dan buang air kecil sebagai cara untuk melepaskan racun dari dalam tubuh," kata Griffin.

Minum air setidaknya setengah dari berat tubuh juga diketahui dapat mempengaruhi kebiasaan makan. Jika kebutuhan hidrasi terpenuhi, tubuh akan secara alami mengurangi keinginan untuk konsumsi makanan manis dan tinggi natrium.

Baca Juga: Apakah Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?



Simak Video "Mengenal Arti dan Cara Pairing Teh yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com