8 Tahun Diet, Wanita Ini Berhasil Turun BB 47 Kilogram

Devi Setya - detikFood Minggu, 28 Feb 2021 13:30 WIB
8 Tahun Diet, Wanita Ini Berhasil Turun BB 47 Kilogram Foto: instagram @vindkipin.id
Jakarta -

Wanita bernama Vindhy Kipin berhasil menurunkan berat badan 47 kilogram. Ia konsisten diet selama 8 tahun. Wow!


Awalnya, gadis yang akrab disapa Vindhy ini punya berat badan mencapai 117 kilogram, sekarang bobotnya hanya 70 kilogram. Tidak ada diet instan yang diterapkan, ia konsisten mengatur pola makannya selama 8 tahun belakangan.

Kisah diet Vindhy ini banyak diperbincangkan, apalagi ia sering membagikan kisah perjalanan dietnya lewat media sosial. Banyak orang penasaran dengan pola makan serta tips agar bisa konsisten diet selama bertahun-tahun.

8 Tahun Diet, Wanita Ini Berhasil Turun BB 47 Kilogram8 Tahun Diet, Wanita Ini Berhasil Turun BB 47 Kilogram Foto: instagram @vindkipin.id

Dihubungi detikcom (28/2) Vindhy menceritakan awal dirinya mulai melakukan diet. Saat itu usianya menginjak 19 tahun dan bobot badannya 117 kilogram. Wanita yang kini berusia 27 tahun ini memang sejak SD mulai memiliki tubuh gemuk.

Vindhy membeberkan awal dirinya berniat untuk diet karena faktor kesehatan. Kemudian ia juga mulai merasa kesulitan mencari ukuran pakaian yang pas. Dan terakhir karena menerima bullying dari teman-temannya.

"Pertama karena faktor kesehatan. Pas remaja sudah ada gejala berhenti mens. Jadi aku mens nggak lancar, setahun sekali doang. Dari SMP dan SMA cuma beberapa kali haid. Kemudian faktor lingkungan sering dibully. Tapi sebenernya saya basicnya orang pede nggak peduli omongan orang lain. Dan ketiga faktor beli baju yang susah cari ukuran," beber Vindhy.

Saat obesitas itu, Vindhy mendatangi dokter gizi untuk mendapat panduan diet. Dokter yang ditemuinya menyarankan ia mengatur pula makan. Wanita berhijab ini dibebaskan makan apapun namun tetap mengatur asupan makanan yang baik.

"Saran dari dokter gizi buat mengatur pola diet, dokter membebaskan saya makan apa saja tapi diatur hanya makanan yang baik," kata Vindhy.

Selama menjalani diet ini Vindhy makan 5 kali dalam sehari yakni 2 kali makan berat seperti orang biasa. Kemudian 3 kali diisi dengan camilan sehat seperti buah-buahan.

8 Tahun Diet, Wanita Ini Berhasil Turun BB 47 Kilogram8 Tahun Diet, Wanita Ini Berhasil Turun BB 47 Kilogram Foto: instagram @vindkipin.id

Bukan tanpa halangan, Vindhy mengaku selama menjalani diet ini ia sering mengalami naik turun. Di awal menjalani diet pun ia mengaku sering bosan.

"Diet aku ini mengalami up and down. Tapi 2017 sampai 2021 lebih konsisten. Sebenernya kalau dihitung-hitung, aku turun bb 65 kiloan, tapi ya itu pernah naik turun," aku Vindhy.

Bagi Vindhy, modal pertama untuk bisa menjalani diet adalah dengan yakin dan niat. Ia juga menyarankan untuk orang-orang yang ingin diet, agar lebih dulu mencoba menerima kondisi diri sendiri.

"Orang diet harus yakin kalau dirinya bisa. Menerima diri sendiri. Semua orang bisa diet, bisa atur pola makan, bisa olahraga," pungkas wanita yang bertekad untuk tetap mengatur pola makan meski bbnya sudah turun drastis.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com