Kehilangan Pekerjaan, Kakek Ini Rela Bersihkan Piring Bekas Makan Orang

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 27 Feb 2021 13:00 WIB
Kehilangan Pekerjaan, Kakek Ini Rela Bersihkan Piring Bekas Makan Orang Foto: Mothership
Jakarta -

Kehilangan pekerjaan tidak membuat kakek ini berhenti membuat kebaikan. Tanpa pamrih, ia rela membersihkan piring dan gelas kotor bekas orang.

Pusat jajanan kaki lima atau hawker centre, jadi tempat makan favorit orang Singapura. Selain harga makanan yang ditawarkan lebih terjangkau, pilihan makanan di hawker centre juga beragam.

Baca Juga: Crazy Rich Surabaya Borong Tahu Telor Kakek 80 Tahun

Tapi banyak orang yang pergi begitu saja setelah makan, tanpa menaruh piring atau gelas kotor di tempat yang sudah disediakan.

Dilansir dari Mothership (27/02), hal ini lah yang membuat seorang kakek memutuskan untuk membersihkan piring dan gelas bekas makan orang-orang.

Kehilangan Pekerjaan, Kakek Ini Rela Bersihkan Piring Bekas Makan OrangKehilangan Pekerjaan, Kakek Ini Rela Bersihkan Piring Bekas Makan Orang Foto: Mothership

Kakek yang tidak diketahui namanya ini, selalu datang di pagi hari ke area Blangah Crescent Food Centre. Tanpa mengharapkan balasan, kakek itu mulai membersihkan piring dan gelas yang ada di meja-meja.

Tak hanya membuang sisa sampah makanan dan mengelap meja. Kakek itu bahkan mencuci bersih semua piring dan gelas, lalu menyusunnya di rak untuk memudahkan para penjual mengambilnya.

Awalnya tidak ada orang yang menyadari aksi kebaikan sang kakek. Mereka berpikir, sang kakek adalah petugas kebersihan di sana. Tapi ternyata beberapa orang sadar, bahwa sang kakek tidak mengenakan seragam kebersihan, atau membawa troli yang dimiliki petugas kebersihan.

Ada satu pengunjung yang penasaran, ia akhirnya bertanya ke sang kakek. Sang kakek mengaku bahwa dirinya baru saja kehilangan pekerjaannya, tapi dia tetap ingin membantu membersihkan tempat makan itu.

Kehilangan Pekerjaan, Kakek Ini Rela Bersihkan Piring Bekas Makan OrangKehilangan Pekerjaan, Kakek Ini Rela Bersihkan Piring Bekas Makan Orang Foto: Mothership

"Jadi bisa kalian bayangkan bagaimana terkejutnya saya, ketika saya melihat bersihnya meja dan piring-piring di pusat jajanan ini selama beberapa hari terakhir," jelas seorang pengunjung.

Karena banyak yang penasaran dengan aksi kebaikan yang dilakukan kakek ini. Beberapa pengunjung ikut bertanya kepada sang kakek.

"Karena saya penasaran, jadi ketika saya menghampiri kakek ini untuk mengucapkan rasa terima kasih karena kerja kerasnya. Ia membagikan kisahnya bahwa ia tinggal tak jauh dari tempat makan ini. Ia baru saja kehilangan pekerjaannya, dan memutuskan untuk volunteer membersihkan piring dan tempat ini sebelum petugas kebersihan datang," ungkap pengunjung lainnya.

Kehilangan Pekerjaan, Kakek Ini Rela Bersihkan Piring Bekas Makan OrangKehilangan Pekerjaan, Kakek Ini Rela Bersihkan Piring Bekas Makan Orang Foto: Mothership

Meski tidak meminta imbalan, tapi karena ketulusan sang kakek banyak pengunjung yang memberikannya sedikit uang. Agar bisa membantu meringankan beban sang kakek, sekaligus sebagai bentuk penghargaan.

"Kebaikan kakek ini benar-benar membuat saya senang. Kakek ini benar-benar pahlawan yang tak pantas kita dapatkan," puji salah satu netizen.

Sampai sekarang sang kakek masih terus meluangkan waktunya. Membantu membersihkan bekas makan orang-orang, untuk meringankan pekerjaan petugas kebersihan.

Baca Juga: Sepi Pembeli, Kakek Ini Menangis Haru Saat Buahnya Diborong Orang



Simak Video "Pakai Belimbing Wuluh, Cuci Piring Jadi Mudah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com