Nasi Uduk Betawi

Terlihat Mirip, Ini Bedanya Nasi Uduk dan Nasi Lemak

Devi Setya - detikFood
Jumat, 26 Feb 2021 16:00 WIB
Terlihat Mirip, Ini Bedanya Nasi Uduk dan Nasi Lemak
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi

2. Bumbu campuran

Terlihat Mirip, Ini Bedanya Nasi Uduk dan Nasi LemakTerlihat Mirip, Ini Bedanya Nasi Uduk dan Nasi Lemak Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi


Secara umum, nasi uduk dan nasi lemak sama-sama diolah menggunakan santan sebagai campuran. Inilah yang menjadi kunci utama dari rasa gurih dan tekstur pulen pada nasi uduk dan nasi lemak.

Perbedaannya bisa dilihat dari bumbu dan rempah pelengkapnya. Nasi uduk dimasak bersama santan yang diberi cengkeh, lengkuas, serai, daun salam, kayu manis dan daun jeruk.

Lain halnya dengan nasi lemak yang hanya dibumbui dengan daun pandan dan kayu manis. Inilah sebabnya kenapa nasi lemak punya rasa dan aroma lebih ringan dibanding nasi uduk.

3. Lauk pelengkap

Secara umum, nasi uduk Betawi disajikan dengan lauk sederhana. Lauk andalannya ada tempe orek, telur dadar iris, semur tahu dan jengkol serta bihun goreng. Namun ada juga lauk pelengkap lain seperti telur balado dan aneka gorengan.

Nasi lemak terbilang lebih mewah dan lengkap. Lauk pendampingnya ada telur rebus atau goreng, ikan teri dan kacang tanah goreng, irisan mentimun dan ayam goreng serta sambal goreng. Sesekali juga nasi lemak disajikan dengan olahan daging sapi, aneka seafood seperti udang atau cumi.



Simak Video "Bikin Laper: Lahap Makan Nasi Lemak dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]